Jelang Migrasi TV Digital Tahap I, Polytron Genjot Produksi Set Top Box di Tengah Keterbatasan Chip

Set Top Box Gratis

Selular.ID – Analog Switch Off (ASO) tahap I bakal berlangsung 30 April 2022 mendatang, dan di awal tahun ini direncanakan bakal digelar proses distribusi set top box gratis bagi keluarga kurang mampu.

Polytron sebagai salah satu penyedia set top box menjelaskan, telah memiliki rencana produksi guna mencukupi kebutuhan set top box pada kebijakan ASO, setidaknya untuk tahap awal.

“Planning kita itu memproduksi set top box sebanyak 100.000 per bulan. Tapi ini kembali lagi tergantung ketersediaan chip. Bulan Desember 2020 kemarin baru datang sekitar 55.000, dan separuhnya itu sudah terjual ke konsumen atau toko,” jelas Tekno Wibowo, Chief Commercial Officer PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), kepada Selular, Rabu (5/1).

Baca juga: Sebentar Lagi Siaran TV Digital Resmi Mengudara, Ketahui 6 Faktanya!

Tekno menceritakan jika krisis chip masih menganjal produksi set top box, dan Polytron tidak bisa berbuat banyak ketika musti menghadapi persoalan supply chip yang terbatas sejauh ini.

“Kita tidak menyiapkan strategi khusus karena memang hanya tergantung supply chip lancar atau tidak. Namun merujuk pada planning yang kita miliki kalau lancar, kami bisa supply 100.000 per bulan sampai April 2022, total kita bisa dapat sekitar 400.000,” paparnya.

Dan sejauh ini set top box Polytron yang disediakan untuk pemerintah masih berproses di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang Jasa Pemerintah (LKPP), agar bisa masuk katalog belanja pemerintah.

“Sedangkan untu penyelengara multipleks belum ada penawaran harga yang cocok sejauh ini,” tandasnya.

Sebagai tambahan, total keseluruhan set top box gratis yang dibagikan menyentuh angka 6,7 juta unit. Dan pada tahap pertama migrasi TV digital  yang akan berlangsung di 56 wilayah siaran di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara 1 dan Papua, merujuk pada pemaparan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Komisi I DPR RI, Selasa (16/11)  membutuhkan tak kurang dari 3,2 juta set top box.

Baca juga: Pengamat: Implementasi ASO, Industri Set Top Box Lokal Harus Diutamakan

Dan sejauh ini, Kominfo sedang memfinalisasi laporan teknis terkait pembagian set top box gratis, dan menunggu kesiapan penyelenggara multikpeksing untuk memberikan komitmen dan eksekusi pemberian set top box.

Sebagai catatan pula, sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, set top box tersebut disediakan oleh penyelenggara multipleksing. Khusus untuk rakyat miskin, Kominfo akan menyalurkan set top box gratis dengan menggunakan dana APBN atau sumber lainnya.