Kalah Saing Dengan Netflix, Google Resmi Stop Youtube Originals

Youtube

Selular.ID – Sejak dibuat pada 2016, Youtube Originals sudah hadir beberapa serial film eksklusif, untuk bisa menyaingi platform streaming film seperti Netflix, karna kurang laris sekarang progam tersebut berhenti.

Bagi yang belum mengetahui secara detail terkait Youtube Originals, ini bisa diakses oleh pengguna yang berlangganan youtube premium, dan mendapatkan penayangan YouTube Originals bebas iklan, bisa Akses ke semua episode dari semua serial eksklusif saat ditayangkan perdana, Bisa mendownload YouTube Originals untuk ditonton secara offline, yang terakhir pengguna premium juga dapat konten bonus seperti adegan pilihan sutradara dan adegan ekstra.

Program eksklusif Youtube di program Originals yang berhenti ini, langsung diumumkan oleh Chief Business Officer YouTube, Robert Kyncl melalui cuitan Twitternya, produksi yang distop pada Youtube Originals bersamaan dengan kabar mundurnya YouTube Global Originals Head, Susanne Daniels pada 1 Maret mendatang.

Baca Juga: Baby Shark Tembus 10 Miliar Views di Youtube

Laporan dari Robert, menjelaskan bahwa makna  produksi Youtube Originals berhenti, karena dana yang dimiliki Youtube sebesar 100 juta USD hanya disalurkan untuk YouTube Kids Fund dan Black Voices Fund yang masih dalam naungan Youtube Partner.

“Dengan pertumbuhan yang cepat, muncul peluang baru dan sekarang investasi kami dapat membuat dampak yang lebih besar pada lebih banyak kreator ketika diterapkan ke inisiatif lain, seperti Dana Pendek Kreator, Dana Black Voices, dan program Belanja Langsung untuk beberapa nama,” pernyataan Robert di Twitter.

Meski Youtube Originals stop produksi, namun Robert berjanji akan tetap membayar royalti kepada kreator yang sudah tergabung secara kontrak dengan Youtube Originals.

Baca Juga: Menutup Akhir Tahun, Youtube Rewind 2021 Indonesia Sudah Tayang!

YouTube Originals, membuat serial pertamanya dimulai yang berfokus pada kreator, seperti serial komedi-thriller Scare PewDiePie. Lalu pada tahun 2017, YouTube mengklaim bahwa musim pertama di Originals  hanya memiliki pelanggan yang menonton sebanyak 250 juta kali.

Setelah kejadian tersebut, Youtube produksi program Originals beralih ke konten yang didukung iklan dengan menampilkan selebritas seperti Katy Perry dan Kevin Hart, gratis untuk diakses pengguna tanpa berlangganan.