4 Ponsel Mungil yang Edar di Indonesia 2022

ponsel mungil

Selular.ID – Layar ponsel lega tentu sangat bermanfaat untuk menonton film dan bermain game. Tetapi tidak sedikit pengguna yang lebih suka ponsel mungil berukuran kecil dan ringkas. Di sinilah tantangan bagi perancang ponsel di tahun 2022.

Untungnya, di awal tahun 2022 ini, masih ada banyak opsi di pasaran. Konsumen yang menginginkan ponsel mungil bisa memilih satu dari empat ponsel yang edar di nusantara, mulai dari Samsung Galaxy S21, Galaxy Z Flip3, dan Asus Zenfone 8 untuk Android, dan iPhone 13 mini untuk iOS.

Di kancah global, daftar ponsel kompak nan mini di atas ditambah Google Pixel 5a, Moto G Fast, dan Sony Xperia 5 II.

Samsung Galaxy Z Flip3, ponsel mungil lipat

Ponsel mungil 2022 pertama dalam daftar ini adalah ponsel lipat terbaru keluaran Samsung. Perangkat ini kecil dan kompak. Samsung akhirnya memasang layar yang bisa digunakan di bagian luar dengan Galaxy Z Flip3.

Cover Display AMOLED 1,9 inci membuatnya praktis untuk menggunakan kamera belakang untuk mengambil foto narsis. Serta, membuat fitur tertentu lebih mudah diakses, seperti selfie, notifikasi, dan perekaman audio.

Baca Juga: Smartphone 4G Terkecil Mony Mint Cari Pendanaan untuk Diproduksi

Membuka ponsel, pengguna akan melihat layar Dynamic AMOLED 6,7 inci (2640×1080) yang menampilkan rasio aspek 21,9:9 yang lebih tinggi, membuatnya sedikit lebih sempit dan lebih ergonomis.

Menghidupkan ponsel adalah kombinasi dari prosesor Snapdragon 888, RAM 8GB, dan penyimpanan internal 128GB atau 256GB. Spesifikasi tersebut menjadikannya perangkat yang mumpuni, dan kombinasi Android dengan Samsung One UI terbukti bekerja dengan baik di atas itu semua.

Sayangnya, tidak semua aplikasi memanfaatkan kemampuan Flip untuk menopang di pertengahan. Pengguna bisa menggunakan ‘garis tengah’ dengan aplikasi kamera untuk selfie atau video call. YouTube juga bekerja dengan cukup baik.

Galaxy Z Flip juga unik karena menggunakan dua baterai yang digabungkan sehingga menghasilkan kapasitas 3.300mAh. Selain itu, pengguna bisa mengisi daya secara nirkabel. Ya, ukurannya yang ringkas dilengkapi dengan fasilitas ekstra.

Samsung Galaxy Z Flip3 tersedia dalam pilihan warna Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black. Harganya adalah Rp14.999.000 (8GB/128GB) dan Rp15.999.000 (8GB/256GB).

Baca Juga: Layar Lipat Samsung Galaxy Z Flip3 Bisa Apa Aja?

Halaman berikutnya

Asus Zenfone 8