Chipset Intel Terbaru Lebih Cepat Daripada Apple M1 Max

chipset intel apple

Selular.ID – Prosesor laptop andalan terbaru dari Intel yaitu Alder Lake Core i9 lebih cepat daripada SoC M1 Max Apple, berdasarkan hasil benchmasrk dari Geekbench dengan beberapa pembandingan baru, tetapi chipset untuk Macbook tersebut jauh lebih hemat energi.

Core i9-12900HK yang berada di notebook MSI GE76 Raider diuji oleh Macworld dan dibandingkan dengan sepasang model MacBook Pro 14-inci yang masing-masing menjalankan chip M1 Max dan M1 Pro. Pengujian menggunakan Geekbench dan Cinebench karena kedua benchmark ini dapat dijalankan di mesin Windows dan Mac.

 

Skor geekbench 
skor benchmark Cinebench

Untuk Geekbench, CPU Alder Lake mengungguli M1 Max, dengan skor masing-masing 13.235 (intel) 12.590 (apple)  untuk multi-core, kemenangan 5% yang relatif ketat, dan 1.838 (intel) dengan 1.774 (apple) di single-core. Seperti yang ditunjukkan Macworld.

Sedangkan menggunkan benchmark Cinebench R23, Core i9-12900HK lakukan perbandingan dengan M1 Pro tetapi dalam pertempuran ini, chip Intel mencapai hasil multi-core 15.981 dibandingkan dengan 12.381 untuk M1 Pro, perbedaan yang lebih nyata sebesar 29%. Untuk single-core, chip Intel mencapai 1.895 dibanding M1 Pro 1.531.

Baca Juga: Intel Tolak Rencana Larangan Impor Senyawa Penting Semikonduktor Dari Komisi Perdagangan AS

Namun, semuanya sangat berubah ketika melakukan test konsumsi daya untuk chip laptop ini. Macworld menemukan laptop MSI bertenaga Alder Lake menarik sekitar 100W dalam pengujian multi-core Cinebench R23, tetapi mengalami lonjakan sekitar 130W hingga 140W. Melalui pengujian Anandtech terhadap M1 Max di Cinebench, ia menarik sekitar 40W, sehingga Anda dapat melihat bahwa penggunaan daya yang irit dimenangkan oleh Apple di sini.

Konsumsi daya yang hemat sanagt penting bagi kinerja laptop, karena laptop diusung bertujuan untuk konsep portabilitas, jika memiliki performa yang luar biasa namun kondisi perangkat mudah boros membuat pengguna kerepotan saat beaktifitas yang minim stop kontak listrik.

Chipset intel menang dalam kinerja langsung, tetapi bisa dibilang kemenangan yang lebih besar adalah untuk Apple, ketika pengguna  melihat margin kemenangan dari segi tolak ukur konsumsi daya.

Baca Juga: Apple Buka Tantangan Foto Makro Untuk Pengguna iPhone 13