Opensignal: Usaha Keras Operator Mempertahankan Pelanggan Prabayar Tak Berpaling

Opensignal: Usaha Keras Operator Mempertahankan Pelanggan Prabayar Tak Berpaling

Selular.ID – Perusahaan analitik seluler global Opensignal baru merilis analisis terbaru berjudul “Amid rising competition, Indonesian mobile operators need to focus on retaining their high-value users.”

Melalui artikel tersebut Opensignal memaparkan bahwa pasar ponsel di Indonesia didominasi oleh pengguna prabayar.

Pengguna prabayar bisa dengan mudah mengganti operator ponsel yang digunakan apabila tidak memuaskan.

Hal itu memunculkan tekanan kompetitif kepada para operator, Indosat Ooredoo, Telkomsel, XL Axiata, Smartfren, dan Tri Indonesia, untuk memberikan layanan terbaik kepada para pengguna.

Opensignal melakukan analisis terhadap konsumsi data seluler para pengguna untuk memahami apakah pengguna yang mencari penyedia layanan baru adalah pengguna bernilai tinggi atau rendah untuk operator seluler.

Opensignal menemukan bahwa 1/3 pengguna ponsel yang berpindah operator merupakan pengguna bernilai tinggi yang harus dipertahankan, supaya dapat terus menjadi penggunanya dalam masa jangka panjang.

Opensignal menemukan beberapa temuan menarik 
Data Opensignal menunjukkan bahwa rata-rata pengguna aplikasi Opensignal pada 5 operator seluler nasional rata-rata menggunakan 14.6 hingga 17.7 GB per bulan, di mana pengguna Indosat adalah yang tertinggi.

Diikuti oleh pengguna Tri Indonesia, Telkomsel, XL Axiata, dan Smartfren.  Rata-rata pengguna yang berganti operator seluler adalah yang menggunakan data seluler lebih rendah dibandingkan pengguna lainnya di seluruh lima jaringan.

Opensignal menunjukkan bahwa sekitar sepertiga (1/3) dari pengguna yang berganti operator seluler (leavers) menggunakan data seluler dalam jumlah besar.

Baca Juga:Opensignal: Pengguna Indonesia Pilih Download di 4G daripada Wifi

Sementara itu, sebagian besar Leavers lainnya rata-rata mengkonsumsi sangat sedikit data. Karena pengguna yang menggunakan data yang lebih tinggi akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan operator seluler, maka dengan itu Opensignal menganalisa bahwa operator perlu meningkatkan pengalaman jaringan seluler agar dapat mempertahankan pelanggan bernilai tinggi dan menarik pelanggan pesaing mereka.

Opesignal menemukan bahwa Telkomsel dan XL banyak kehilangan pangsa pengguna yang menggunakan data seluler dalam jumlah besar dibandingkan dengan Indosat, Tri Indonesia, dan Smartfren