spot_img
BerandaAppsGoogle Pixel 6 Akan Dibekali Fitur Personal Safety untuk Kondisi Darurat

Google Pixel 6 Akan Dibekali Fitur Personal Safety untuk Kondisi Darurat

-

JAKARTA, Selular.ID – Seiring peluncuran Pixel 6 yang kian mendekat, tersebar kabar perangkat akan dibekali aplikasi Personal Safety. Aplikasi bawaan ini memungkinkan ponsel mendeteksi tabrakan mobil, berbagi lokasi selama keadaan darurat, dan peringatan kejadian genting di sekitar.

Aplikasi ini memiliki fitur baru yang disebut “Emergency SOS”, yakni hanya dengan mengetuk tombol daya 5 kali, pengguna ponsel Pixel 6 bisa menghubungi layanan darurat dengan cepat, memberi info dengan kontak darurat, dan merekam video secara otomatis.

Emergency SOS terdapat di halaman pengaturan aplikasi, memungkinkan pengguna memilih apa yang terjadi ketika mereka menekan tombol daya 5 kali secara berurutan. Pengguna dapat mengkonfigurasi Emergency SOS untuk memanggil hotline layanan darurat di wilayah mereka, berbagi status secara  Realtime di lokasi mereka, sisa masa pakai baterai, panggilan telepon, dan mulai merekam video yang akan dicadangkan secara otomatis ke cloud.

Fitur rekaman video Darurat memiliki durasi hingga 45 menit, dan ukuran video rata-rata adalah sekitar 10MB per menit. Hasil rekaman darurat secara otomatis dicadangkan ke Akun Google pengguna, jadi ponsel mereka harus memiliki koneksi Internet aktif untuk mengunggah video. Setelah diunggah, aplikasi Personal Safety dapat secara otomatis membagikan rekaman video dengan kontak darurat mereka atau tidak melakukan apa pun, tergantung pada apa yang dipilih pengguna dalam pengaturan Aplikasi.

 

 

Baca juga :  Fitur Polling dan Tanya Jawab Kini Tersedia di Spotify

 

 

 

 

Saat mengirim Emergency SOS, pengguna memiliki waktu sekitar 5 detik untuk membatalkan atau membiarkan SOS dikirim. Jika ingin melakukan perekaman, pengguna akan melihat UI dengan beberapa tombol dan jendela bidik kamera. Terdapat tombol yang menghentikan perekaman dan mengubah kamera mana untuk merekam.

Pengguna dapat melakukan Komunikasi Kepada kontak Emergency SOS saat jendela bidik perekaman  berlangsung untuk meminimalkan kesulitan saat pengguna kembali ke layar beranda, dan pemberitahuan terus-menerus ditampilkan di panel pemberitahuan untuk mengingatkan pengguna bahwa video masih direkam.

Baca juga :  Menjajal Fitur Avatar Digital Terbaru Oppo Omoji

Perekaman video hanya dapat dihentikan setelah batas 45 menit tercapai atau pengguna mengetuk “berhenti” saat ponsel tidak terkunci. Setelah video selesai direkam, pengguna memiliki waktu sekitar 15 detik untuk memutuskan apakah mereka ingiin hasil rekaman itu dibagikan dengan layanan kontak darurat mereka secara otomatis atau tidak.

Video disimpan di cloud selama 7 hari, setelah itu akan dihapus secara otomatis. Sebelum dihapus, pengguna dapat membagikan tautan ke file, yang dihosting di server Google dan dapat diakses melalui domain personalsafety.google.com. Pengguna dapat, kapan saja, berhenti membagikan video atau menghapus rekaman video seluruhnya.

spot_img

Artikel Terbaru