BerandaNewsTelcoBerbekal 5G Experience Center, Layanan 5G Indosat Ooredoo Resmi Sambangi Surabaya

Berbekal 5G Experience Center, Layanan 5G Indosat Ooredoo Resmi Sambangi Surabaya

-

Jakarta, Selular.ID – Setelah Solo dan Jakarta kini Indosat Ooredoo resmi meluncur layanan 5G-nya di Surabaya. Peluncuran ini merupakan kelanjutan revolusi 5G di Indonesia, guna mendorong inovasi dan pengembangan use case 5G di Tanah Air.

Ahmad Al-Neama, President Director dan CEO Indosat Ooredoo mengatakan, peluncuran tersebut merupakan komitmen perusahaan untuk menjadi yang terdepan dalam revolusi 5G di Indonesia. “Saya sangat bersyukur dan bangga Indosat Ooredoo dapat meluncurkan layanan 5G di Surabaya. Dengan dukungan penuh dari Pemerintah, kami akan terus mempercepat transformasi Indonesia menjadi bangsa digital dan berkemampuan 5G,” terangnya, dalam acara peluncuran layanan 5G secara virtual, Jumat (16/9).

Yang menarik dalam peluncuran itu,  Indosat Ooredoo juga bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Nokia, dan Universitas Oulu Finlandia untuk meluncurkan  5G Experience Center di ITS.

Yang dimana inovasi dan pengembangan konten use case lokal tersebut, ditargetkan untuk menjawab kebutuhan kota Surabaya.

Sementara itu, Chief Business Officer (CBO) Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena menyampaikan bahwa peluncuran ini juga akan menjadi langkah awal bagi Indonesia untuk membangun ekosistem di wilayah tersebut.

“Terlebih memang Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia, sehingga tentunya peluncuran 5G akan mendorong percepatan perkembangan teknologi bisnis, sekaligus inovasi dan memberdayakan digital talent di Surabaya,” ujar Bayu.

Dengan demikian, seluruh kampus yang ada di Surabaya diiharapkan menjadi hotspot dalam perkembangan digital talent lewat layanan 5G. Adapun, Indosat juga berharap perkembangan digital talent lokal itu akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Baca juga :  Tren Merger Operator Seluler, Pakar Ingatkan Risiko Duopoli

Di Jakarta sendiri, Indosat Ooredoo dalam mengelar layanan 5G-nya kemungkinan besar berkolaborasi dengan Pemerintahan Kota Jakarta untuk memperkuat program smart city, yang goalnya ialah ada pada peningkatan kualitas hidup masyarakat. Hanya saja memang bentuk kerjasama impelementasi 5G di Jakarta melalui peran Indosat Ooredoo belum tersiar dengan jelas hingga kini.

Kemudian Sedangkan di Solo, Indosat Ooredoo  mengoptimalkan pengalaman 5G di tiga kasus penggunaan pertama, menghadirkan broadband seluler yang ditingkatkan untuk kualitas video nirkabel yang lebih baik, video game, dan aplikasi seluler intensif data lainnya. Kedua, melanjutkan visi Kota Pintar & Industri 4.0 di Solo melalui penerapan teknologi pembelajaran mesin (Machine Learning) dan otomatisasi operasi.

Baca juga :  Ini Dia Upaya Pemerintah Untuk Hadirkan Spektrum 5G Ideal

Ketiga, ialah dihadirkan edutainment pintar yang menggabungkan kekuatan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR).

Lalu untuk memberdayakan UMKM di Solo, Indosat Ooredoo telah mulai menjual Rasa Solo Hampers di aplikasi myIM3 dan akan melatih sepuluh ribu UMKM Solo untuk go digital.

Dan  sekedar tambahan pula, untuk menggelar 5G Indosat Ooredoo menggunakan pita frekuensi 1.800 MHz dengan lebar pita 20 MHz di rentang 1.837,5-1.857,5 MHz.

Artikel Terbaru