BerandaSelular CongressSelular Award 2021 Usung Tema “Acellerate Digital Business Transformation”

Selular Award 2021 Usung Tema “Acellerate Digital Business Transformation”

-

Jakarta, Selular.ID – Selular Media Network (SMN) akan kembali menggelar event bergengsi, Selular Award 2021 pada 7 Juli mendatang. Menengok ke belakang, Selular Award pertama kali dilaksanakan oleh Selular (saat itu masih berbentuk majalah) pada 2003 dan menjadi kalender tetap SMN hingga kini.

Sejak awal kehadirannya, Selular Award disambut baik oleh kalangan industri, karena dapat menjadi parameter dan pencapaian kinerja, sekaligus mendorong kompetisi yang sehat.

Seperti halnya Majalah Selular yang merupakan media pertama, Selular Award juga menjadi ajang penghargaan pertama di industri telekomunikasi. Penyelenggaraan yang teratur tanpa pernah terputus, membuat Selular Award layak menyandang predikat sebagai “The First and The Most Consistent”. Dengan tetap menjaga konsistensi, tak heran jika ajang ini selalu dinantikan oleh kalangan industri.

Sebagai ajang penghargaan, Selular Award merupakan wujud apresiasi SMN kepada industri ICT, khususnya operator telekomunikasi, vendor jaringan, vendor handset dan perusahaan teknologi lainnya atas kontribusi mereka kepada masyarakat dengan produk dan layanan terbaiknya.

Melalui Selular Award, masyarakat dan dunia usaha dapat menilai brand-brand dan perusahaan yang memiliki prestasi mencorong di tengah kompetisi yang terbilang ketat.

Mereka yang mampu meraih penghargaan di ajang Selular Award, dinilai telah mampu mengatasi tantangan, sekaligus menunjukkan prestasi yang signifikan dibandingkan para pesaing. Keberhasilan tersebut dapat mendorong reputasi brand, menumbuhkan loyalitas konsumen, dan meningkatkan penjualan.

Sejak 2020 industri telekomunikasi dan digital business dihadapkan pada dinamika persaingan yang ketat dan tekanan akibat pandemi Covid-19. Namun kebutuhan pengguna akan layanan data serta aplikasi semakin meningkat.

Hal itu menunjukkan transformasi digital tengah masyarakat berkembang lebih cepat dari perkiraan sebelumnya. Sehingga menjadi modal yang sangat berharga bagi terbentuknya ekosistem digital. Apalagi Indonesia juga sudah memasuki era 5G. Sebagai penggerak industri 4.0, layanan 5G dapat memangkas kesenjangan pembangunan, sekaligus meningkatkan daya saing (competitiveness advantage) Indonesia di masa depan.

Seperti kita ketahui, dengan kecepatan hingga 1 Gbps, 5G tak hanya dirancang untuk menyediakan unduhan konten yang lebih cepat, tetapi juga sejumlah aplikasi lain yang dapat mengubah cara pengguna melakukan aktivitas sehari-hari. Begitu pun dengan dunia usaha, terutama segmen manufaktur dan jasa yang akan merasakan manfaat terbesar dari kehadiran 5G.

Hal ini akan mendorong beragam inovasi seperti pengembangan smart cities, drone, mengemudi mandiri (autonomous car), layanan medis digital, penyebaran IoT (Internet of Things) dan layanan berbasis robotics lainnya.

Dengan tujuan Indonesia menjadi salah satu dari lima kekuatan ekonomi terbesar di dunia pada 2045, maka transformasi digital merupakan elemen penting bagi perusahaan dalam mempercepat pertumbuhan. Kehadiran 5G diharapkan dapat mempercepat peralihan dari ekonomi berbasis sumber daya ke ekonomi berbasis pengetahuan dan digital.

Mengambil tema “Acellerate Digital Business Transformation”, Selular Award ke-18 menjadi cerminan bagi para pelaku usaha dalam mengarungi tantangan dan dinamika bisnis yang kerap berubah.  Era baru dengan menggarap apa yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen menjadi tantangan sekaligus peluang bagi industri telekomunikasi dan digital business di Tanah Air.

Hal itu sejalan dengan bergesernya perilaku konsumen yang utamanya di-drive oleh pemberitaan media/media sosial, berkembangnya nilai-nilai sosial/budaya baru, kemajuan teknologi, kondisi ekonomi nasional, serta perubahan regulasi yang diterapkan oleh pemerintah.

Alhasil, kemampuan untuk terus adaptif dengan perubahan-perubahan itu, merupakan salah satu modal utama bagi pelaku usaha dan perusahaan dalam memenangkan persaingan.

Siapa saja brand-brand/korporasi yang berjaya di ajang Selular Award ke-18? Nantikan penayangannya di channel Youtube Selular TV, 7 Juli 2021, mulai pukul 13.00 WIB.

Artikel Terbaru