BerandaTipsKupas Tuntas Kamera OPPO Find X3 Pro: Dari Microlens Sampai 4K Cinematic...

Kupas Tuntas Kamera OPPO Find X3 Pro: Dari Microlens Sampai 4K Cinematic Mode

-

Jakarta, Selular.ID – Pasar ponsel premium tanah air kedatangan penantang baru awal Juni. OPPO Find X3 Pro 5G resmi mendarat dengan dengan harga ritel Rp15.999.000.

Sebagai flagship anyar keluaran OPPO, ponsel menawarkan semua fitur hebat terbaru perusahaan. Tetapi yang menjadi pembeda utama di sini adalah teknologi kamera.

OPPO Find X3 Pro 5G dibekali beberapa kamera belakang. Mungkin hampir sama dengan ponsel unggulan dari vendor lain, tetapi OPPO menawarkan kemampuan unik, yakni Microlens, 4K Cinematic Mode, RAWPLUS, AI Video, dan lain-lain.

Ya, ponsel menawarkan sejumlah fungsi kamera menarik. Sistem quad-camera di panel belakang membuka ide baru untuk kreativitas sekaligus menawarkan lebih banyak dukungan warna daripada kebanyakan ponsel Android lain. Sangat jelas terlihat OPPO bekerja keras untuk memberikan pengalaman kamera terbaik melalui hardware dan software pada Find X3 Pro.

Quad Camera

Ada empat kamera di bagian belakang OPPO Find X3 Pro. Mulai dari kanan atas dan bergeser searah jarum jam, adalah:

  • Ultra-wide (kanan atas): Sensor Sony IMX 766 50MP dengan ukuran sensor 1/1,56 inci, aperture f/2.2, bidang pandang 110,3 derajat, dan PDAF omni-directional
  • Wide (kanan bawah): Sensor Sony IMX 766 50MP dengan ukuran sensor 1/1,56 inci, aperture f/1.8, OIS, dan PDAF omni-directional
  • Telefoto (kiri bawah): 13MP dengan aperture f/2.4, 5x hybrid optical zoom, dan 20x digital zoom
  • Microlens (kiri atas): 3MP microlens dengan aperture f/3.0, pembesaran 60x, dan perekaman video FHD

Banyak ponsel lain di pasaran yang juga menawarkan pengaturan quad-camera belakang, namun OPPO menambahkan sentuhan baru yang fresh dengan kamera microlens. Kami juga melihat OPPO menyediakan mode makro meski tanpa lensa makro khusus.

Mode Mikroskop

Kamera unik microlens pada OPPO Find X3 Pro cukup menakjubkan untuk menangkap objek yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Saat Anda menangkap subjek dengan lensa ini, Anda menemukan dimensi lain dari subjek umum dan kamera ini membantu membuka dunia kreativitas.

Setelah Anda mengaktifkan mode ini, Anda harus sangat dekat dengan subjek dan juga memegang ponsel dengan stabil. Jarak fokus sekitar 3mm. Anda sebaiknya menggunakan tripod, tetapi bahkan dengan pendekatan dengan tangan saja, kami dapat menangkap konten. Anda juga bisa meletakkan tepi telepon pada subjek, atau objek di sekitar subjek, dan mengambil gambar yang menarik.

Untuk menerangi mikroskopis, Find X3 Pro dilengkapi lensa safir dan lampu cincin sebagai komponen eksterior kamera lensa mikro. Saat mengaktifkan mode ini, Anda akan segera mengetahui lensa mana yang harus dijajarkan pada subjek Anda saat cincin di sekitar kaca kamera menyala. Juga, kamera lensa mikro menangkap gambar persegi dengan resolusi 1944 x 1944 piksel.

RawPlus

Saat Anda beralih ke mode Expert, juga dikenal sebagai mode manual, di area opsi RAW ada opsi untuk RawPlus. Dengan mengaktifkan RawPlus, Anda bisa menangkap konten HDR dengan dukungan warna 10-bit. Mode ini memberi Anda lebih banyak data gambar untuk digunakan guna menyempurnakan hasil jepretan.

4K Cinematic Mode

Geser ke atas di seting kamera dan pilih Lainnya. Ketuk mode Film untuk beralih ke mode sinematik yang mendukung pengambilan miliaran warna. Kemampuan ponsel 10-bit didukung di sini dengan video 4K, HDR, Log, dan dukungan gamut warna BT.2020.

Saat dalam mode film, Anda juga memiliki akses cepat ke kontrol manual penuh ISO, white balance, kecepatan rana, dan fokus. Dukungan OIS dan EIS juga disediakan.

AI Highlight Video

Kecerdasan buatan menjadi hal biasa di smartphone saat ini, tetapi aspek vitalnya adalah seberapa baik produsen memanfaatkan kekuatan AI. Di OPPO Find X3 Pro, terdapat tombol AI dalam mode video. Mirip dengan fungsi AI dalam foto yang mengoptimalkan pengaturan kamera untuk pemandangan, mode video AI Highlight mendeteksi pemandangan dan kemudian secara otomatis mengelola HDR, mode malam, zoom audio, dan stabilisasi ultra-stabil sehingga Anda dapat fokus menangkap konte.

Palet AI

Orang-orang senang mengeksplorasi dan mengembangkan kreativitas mereka. Opsi AI Palettes mendukung pemilihan kustom dari salah satu gambar Anda yang kemudian dapat Anda atur sebagai filter warna dan menerapkannya ke foto lain dalam koleksi Anda.

Di dalam aplikasi Foto, ketuk gambar, pilih Edit, geser ke Palet AI, ketuk ikon Plus, lalu pilih foto sebagai filter warna Anda. Anda kemudian dapat menerapkan filter khusus itu ke gambar lain di koleksi Anda. Dengan kemampuan kustom seperti itu, Anda cenderung membuat gambar yang tergolong sangat unik.

Ada banyak fungsi dan fitur yang dapat ditemukan di OPPO Find X3 Pro, termasuk tombol tripod di night mode, dukungan video bokeh, pengaturan lanjutan, dan banyak lagi.

Komparasi

Banderol Rp15.999.000 memang tidak murah, tetapi itu lebih terjangkau dibandingkan Rp19.999.000 untuk Samsung Galaxy S21 Ultra. Anda mungkin mendapatkan kamera periskopik zoom 10x yang mengesankan, tetapi Anda akan kehilangan lensa mikroskopis OPPO dan 4K Cinematic Mode.

Perangkat baru dari OPPO ini memiliki banyak keunggulan. Desain segar, layar berkualitas tinggi dengan kecepatan refresh 120Hz yang adaptif, prosesor kuat Qualcomm Snapdragon 888, kamera utama berkualitas, sensor mikroskopis yang luar biasa, pengisian kabel dan nirkabel yang cepat, dan masih banyak lagi. OPPO Find X3 Pro tidak diragukan lagi salah satu smartphone paling inovatif di pasar saat ini.

Artikel Terbaru