BerandaTipsAnti Ribet, Begini Cara Share Dokumen dari Ponsel ke Laptop Tanpa Kabel

Anti Ribet, Begini Cara Share Dokumen dari Ponsel ke Laptop Tanpa Kabel

-

Jakarta, Selular.ID – Seringnya menggunakan smartphone untuk produktifitas sehari-hari menyebabkan dokumen yang tersemat di ponsel kita penuh. Jika smartphone kita sudah tak muat menampung file dokumen, maka pilihan yang bisa kita lakukan ada dua, yakni antara menghapus beberapa diantaranya atau memindahkan file dokumen ke perangkat lain, seperti laptop salah satu nya.

Guna me-transfer file tersebut, biasanya memerlukan kabel USB untuk menghubungkannya. Tetapi, bagaimana jika tak ada kabel USB dalam keadaan tertentu? Mungkin, sebagian orang ada yang menggunakan cara memindahkan file dokumen dengan mengirimkannya ke WhatsApp pribadi ataupun Gmail. Namun terkadang, cara seperti itu bisa membuat ukuran file tersebut terkompres menjadi lebih kecil. Otomatis, kualitas dokumennya pun ikut menurun.

Oleh karenanya, berikut team Selular paparkan tips untuk me-transfer file dokumen dari Ponsel ke Laptop tanpa ribet menggunakan kabel. Langsung saja, check it out!

Baca juga:4 Rekomendasi TWS Oppo dengan Kualitas Audio Bass Tebal

1.Menggunakan Aplikasi SHAREit

SHAREit merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan di perangkat Android dan juga komputer atau laptop yang Anda punya. Aplikasi ini dapat memindahkan foto, video, berkas, aplikasi, musik, dan masih banyak lagi.

File yang ditransfer menggunakan SHAREit juga tidak akan terkompres atau menurun kualitasnya. Anda bisa mengirim file dari samartphone ke smartphone, atau dari smartphone ke laptop atau komputer.

2.Menggunakan Aplikasi AirDroid

AirDroid juga merupakan salah satu aplikasi yang cukup terkenal di perangkat berbasis operasi Android. Cara kerjanya mirip dengan aplikasi SHAREit.

Kamu dapat mengirim berbagai macam jenis file dan berbagai ukuran. Selain itu, AirDroid juga bisa digunakan untuk mengakses file di smartphone melalui komputer atau laptop.

3.Menggunakan Aplikasi Pushbullet

Aplikasi Pushbullet tidak hanya bisa mengirim file dari smartphone ke Laptop atau komputer. Pushbullet dapat menerima notifikasi aplikasi dan SMS dari smartphone Anda di komputer.

Bahkan, Anda bisa mengetik SMS dari komputer dan Pushbullet akan mengirimnya secara otomatis. Pushbullet juga bisa digunakan untuk menjelajah file di Android menggunakan komputer layaknya berada di File Explorer.

4.Menggunakan Layanan Cloud

Layanan Cloud merupakan layanan untuk menyimpan file secara online. Anda bisa menyimpan file yang Anda punya dengan hanya mengupload dan jika menginginkannya lagi, Anda cukup mendownloadnya saja.

Contoh layanan Cloud yang cukup terkenal dan sering digunakan adalah Google Drive, OneDrive, Dropbox, dan masih banyak lagi. Anda juga tak perlu khawatir karena file yang disimpan di layanan Cloud tidak akan merubah kualitas dokumen.

5.Menggunakan FTP

FTP atau File Transfer Protocol adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan koneksi yang sama. Anda bisa menemukan kode FTP pada ponsel pribadi Anda di File Manager atau di pengaturan ponsel.

Setiap ponsel memiliki kode FTP yang berbeda-beda dan letaknya juga berbeda-beda. Setelah kamu mendapatkan kode FTP dari ponselmu, ketik FTP pada File Explorer pada menu Network. Tulislah kode FTP pada kolom atas Network.

Itulah beberapa cara mudah untuk memindahkan file dari HP ke komputer tanpa harus menggunakan kabel USB. Jika komputer atau laptop yang kamu miliki memiliki bluetooth, Anda juga bisa menggunakannya.

Tonton juga video di bawah ini :

Artikel Terbaru