Ada 7 Cara Mengetahui Smartphone Telah Terkena “Hack”

Smartphone kena hack

Selular.ID – Memasuki Tahun baru, sudah menjadi hal yang harus diwaspadai oleh pengguna smartphone terhadap kasus Hack, biasanya terjadi melalui modus seperti memperoleh file sensitif, email, gambar dan video, memata-matai pengguna dan bahkan sebagai alat pemerasan.

Maka dari itu tim selular memiliki berbagai cara untuk Anda, dalam mengetahui tanda jika smartphone yang digunakan telah terkena hack.

Baca Juga: Setelah BSSN, Kini Giliran Ribuan Data Polri Bocor Dibobol Hacker

Ada berbagai bukti yang menunjukkan bahwa smartphone mungkin sedang dipantau, dimata-matai, atau disadap dengan cara tertentu seringkali, tidak mengejutkan karena tersembunyi dengan baik, meskipun kemajuan dalam spyware saat ini, tim selular masih punya cara yang dapat Anda ambil untuk membantu mendiagnosis keberadaan virus atau bukti peretasan pada smartphone Anda.

Untuk mengetahuinya ada 7 Cara untuk menemukan apakah smartphone Anda sudah terkena hack, berikut langkah-langkahnya:

  1. Penurunan masa pakai baterai secara tiba-tiba

Ketika smartphone telah disadap, berarti telah merekam aktivitas yang dipilih dan mentransfernya ke pihak ketiga. Terlebih lagi, bahkan dalam mode siaga, ponsel Anda dapat digunakan sebagai alat pendengar untuk merekam percakapan di sekitar.

Proses ini menghasilkan peningkatan konsumsi daya, yang berarti baterai smartphone Anda terkuras lebih cepat dari biasanya dengan jumlah yang jelas, lihat bagaimana masa pakai baterai Anda saat ini dibandingkan dengan yang menggunakan model smartphone yang sama atau lebih baik lagi.

Jika Anda memiliki Smartphone Anda masih menggunakan dengan baterai yang dapat dilepas, coba masukkan ke perangkat lain dengan model/tipe yang sama dan lihat apakah daya tahannya lama, jika Anda melihat perbedaan yang terlihat, ada kemungkinan perangkat Anda rusak atau disadap.

  1. Peningkatan panas baterai

Jika smartphone Anda terasa hangat meskipun Anda tidak sering menggunakannya, ini bisa menjadi indikasi proses latar belakang atau transfer data sedang berlangsung, tanpa sepengetahuan Anda. Peningkatan suhu baterai yang mencolok sebagai akibat dari tindakan tersebut dapat digunakan untuk menunjukkan perilaku tersebut.

  1. Aktivitas tanpa adanya Masukan

Saat tidak digunakan, smartphone Anda harus benar-benar hening kecuali panggilan, notifikasi masuk, dan alarm yang telah Anda setel. Jika smartphone Anda mengeluarkan suara yang tidak seperti biasanya, layar tiba-tiba menyala atau restart tanpa alasan, maka itu adalah tanda ada seseorang sedang mengendalikan perangkat Anda dari jarak jauh.

Baca Juga: Melalui SheHacks dan IDCamp Indosat Ooredoo Dukung Pemberdayaan Penyandang Disabilitas

  1. Pesan teks yang tidak biasa

Perlu diketahui, spyware dapat mengirim pesan teks rahasia atau dikodekan ke smartphone Anda. Jika program semacam itu tidak berfungsi seperti yang diinginkan oleh produsen smartphne. Teks seperti ini kemungkinan akan menyertakan kombinasi angka, simbol, dan karakter yang tidak masuk akal. Jika ini terjadi secara teratur, ponsel Anda mungkin berada di bawah pengaruh beberapa bentuk spyware seluler.

  1. Peningkatan konsumsi data

Program spyware yang kurang canggih dapat menyebabkan konsumsi data meroket, karena mereka melewatkan informasi dari perangkat Anda. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan apakah penggunaan data bulanan Anda meningkat drastis tanpa alasan.

Program spyware membutuhkan data yang sangat sedikit atau dapat menyebarkan penggunaan paket data, membuat mereka lebih sulit untuk diidentifikasi dengan cara ini.

  1. Adanya Noise selama panggilan telepon

Jika Anda mendengar bunyi klik, kebisingan latar belakang yang tidak biasa, suara pihak lain terdengar jauh atau hanya ditransmisikan dalam potongan-potongan selama panggilan telepon, seseorang mungkin menguping.

Karena sinyal telepon ditransmisikan secara digital akhir-akhir ini, suara yang tidak biasa seperti itu jauh lebih kecil kemungkinannya untuk dikaitkan dengan ‘sinyal buruk’ terutama jika Anda tahu bahwa Anda biasanya memiliki konektivitas yang kuat di area tempat Anda melakukan panggilan.

  1. Proses shutdown lama

Sebelum mematikan smartphone, semua proses yang berjalan harus diakhiri. Jika data sedang dikirim dari ponsel cerdas Anda ke pihak ketiga, tindakan terlarang ini juga harus diselesaikan sebelum perangkat Anda dapat dimatikan

Jika mematikan ponsel membutuhkan waktu lebih lama dari biasanya, terutama setelah panggilan, setelah mengirim email atau pesan teks, atau setelah melakukan browsing.