Beranda Devices 2021: Smartphone Kamera Selfie Bawah Layar Paling Dinanti

2021: Smartphone Kamera Selfie Bawah Layar Paling Dinanti

-

Jakarta, Selular.ID – Kamera di bawah layar akan menjadi fitur ponsel cerdas yang akan mencuri perhatian di tahun 2021. Secara tampilan sudah Anda bisa lihat ‘keindahanya’ pada ZTE Axon 20 5G, yang meluncur akhir tahun 2020.

Tak dipungkiri, hingga kini pabrikan smartphone terus mencari sejumlah cara untuk membuat layar ponsel produknya memiliki bezel yang sangat minim, kemudian membuat layar ponsel mulus tanpa ada ganguan pandang apapun khususnya pada penempatan kamera selfie.

Dalam sebuah poling yang dirilis di GSMArena, hampir 35% dari konsumen ingin melihat kamera selfie terselip di bawah layar pada lebih banyak perangkat di tahun mendatang.

Baca juga: Merayakan Video Favorit di Indonesia dan Melihat Tren Masa Depan

Hal ini tidak mengherankan pasalnya setelah menghadirkan lubang di layar atau punch hole hingga kamera pop-up, kini vendor smartphone sedang sibuk menemukan inovasi lain, salah satunya adalah mengembangkan kamera selfie di bawah layar.

Teknologi layar ini bertujuan untuk membuat sebuah layar penuh yang sempurna tanpa ada lubang ataupun notch di layar. Menurut informasi, semua sensor akan tertanam di bawah layar, sehingga menghasilan pandangan maksimal hingga 100 persen.

Lalu pada peringkat kedua, yang diharapkan hadir ialah periskop yaitu teknologi kamera smartphone yang bisa melakukan pembesaran gambar secara optik dengan panjang fokus yang bervariasi. Sebenarnya kemajuan pada kemampuan periskop pada smartphone dalam dua tahun terakhir sudah sangat berkembang, dan hingga kini update dari sentuhan teknologi itu sudah menemukan pola terbaiknya.

Baca juga: Tren Teknologi Smartphone 2021: Dari Layar Gulung Hingga Pengukuran Suhu

Kemudian sekitar 14% konsumen mengharapkan ponsel lipat yang lebih terjangkau pada tahun 2021. Hal ini dapat dimaklumi karena kita masih belum melihat ponsel lipat dengan harga di bawah $ 1.000 atau Rp14 juta. Ada kabar Samsung akan membawa versi lite dari Galaxy Flip and Fold dengan harga ramah dikantong, tapi detailnya informasi yang mengarah ke harga masih minim. Namun harapan untuk ponsel lipat murah ada dipabrikan China, seperti Xiaomi yang kabarnya sedang mengarap 3 model kamera lipat untuk meluncur di 2021.

Lalu ponsel yang dapat digulung juga menghadirkan minat bagi sebagian dari pengemar gadget, meskipun kita telah sama-sama melihat prototipenya seperti yang dihadirkan Oppo, tampaknya masih butuh waktu untuk melihat ponsel model ini hadir untuk tahun depan.

Yang juga tidak kalah menarik harapan besar ada juga di Nvidia yang masuk ke kancah GPU seluler, mengingat akuisisi ARM-nya awal tahun ini. Sensor kamera beresolusi lebih tinggi dan kaca lipat / dapat ditekuk yang lebih tahan lama juga tidak kalah diminati konsumen, sementara penggunaan baru Ultra Wideband (UWB) untuk menghitung jarak antar perangkat dan mengontrol peralatan rumah tangga juga dinanti di 2021.

Artikel Terbaru