Beranda Devices Bisa Rusak, Nintendo Larang Pengguna Bersihkan Switch Pakai Alkohol

Bisa Rusak, Nintendo Larang Pengguna Bersihkan Switch Pakai Alkohol

-

Jakarta, Selular.ID – Penggunaan cairan desinfektan seperti Alkohol pada perangkat elektronik dipercaya sebagai upaya memerangi pandemi Covid-19 lantaran mampu membersihkan perangkat. Namun, Nintendo justru melarang pengguna Switch untuk mengusap ataupun membersihkan perangkat gamingnya dengan cairan tersebut.

Kebijakan ini muncul setelah banyaknya pengguna yang bertanya dampak dari penggunaan alkhohol dalam membersihkan perangkat. Menurut Nintendo, cairan alkohol berpotensi merusak lapisan plastik dari perangkat gamingnya.

“Kami sangat menyesal untuk mengatakan tolong hindari menggunakan alkohol karena dapat menyebabkan bagian plastik memudar dalam warna atau merusak.” tulis Nintendo dalam pernyataan resmi, seperti dikutip dari Digital Trends, Senin (13/4).

Baca juga: Hindari Corona, Pengguna Bisa Bersihkan iPhone dengan Tisu Pembersih

Tak hanya cairan, tisu basah yang juga mengandung alkohol dapat berpotensi merusak. Sehingga, pemilik konsol gaming itu juga tak merekomendasikan pengguna untuk menggunakan tisu pembersih.

Alih-alih memberikan kain khusus, Nintendo hanya menganjurkan pengguna untuk mengusap switch dengan kain lembut yang kering. Menurutnya, kain tersebut sudah cukup efektif dalam membersihkan Switch.

Sayangnya, pembersihan dengan kain kering tanpa cairan alkohol tak membantu membunuh kuman ataupun Covid-19. Sehingga, cara terbaik adalah tetap mencuci tangan Anda sebelum makan, meskipun hanya sesaat sesudah bermain game dengan konsol Switch.

Langkah Nintendo ini berbeda halnya dengan Apple. Beberapa waktu lalu, Apple memperbolehkan pengguna untuk membersihkan perangkat dengan cairan desinfektan atau alkohol karena tak ada potensi untuk merusak.

Artikel Terbaru