Beranda News Amankan Data Pengguna, Facebook Gulirkan Pemberitahuan Login

Amankan Data Pengguna, Facebook Gulirkan Pemberitahuan Login

-

Jakarta, Selular.ID – Facebook menggulirkan fitur baru bernama Login Notifications. Fitur ini akan menampilkan notifikasi di aplikasi Facebook, jika pengguna melakukan login ke layanan pihak ketiga dengan menggunakan akun Facebook miliknya.

Pasalnya, persoalan privasi di Facebook banyak bersumber dari aplikasi pihak ketiga yang diberikan akses ke data pribadi pengguna.

Dalam notifikasi, seperti dilansir Mashable, nantinya ditampilkan informasi waktu login berikut akses ke data jenis mana saja yang diminta oleh pihak ketiga tersebut, misalnya, informasi soal nama, tanggal lahir, alamat e-mail, atau daftar teman.

Login Notifications yang akan muncul pada e-mail pengguna yang terdaftar di akun Facebook.Di sini juga terdapat tombol khusus bernama “Edit Settings” untuk menghapus hak akses aplikasi pihak ketiga tersebut terhadap data pribadi.

Tidak hanya sampai disini, seperti dikabarkan, tahun ini Facebook mengatakan bakal melanjutkan eksperimen untuk menambah kendali pengguna atas data mereka, terutama yang berhubungan dengan login ke pihak ketiga.

Diketahui, sebelumnya Facebook menggulirkan fitur otentikasi dua faktor tanpa nomor telepon. Facebook tidak lagi meminta nomor telepon ponsel pengguna melalui fitur otentikasi dua faktor, yang akan digunakan untuk menyarankan teman.

Perubahan privasi ini mulai berlaku di beberapa negara seperti Ekuador, Etiopia, Pakistan, Libya, dan Kamboja. Facebook mengatakan negara lain akan mulai mendapat pembaruan privasi tahun ini.

Perubahan ini tidak berlaku secara default bagi pengguna Facebook saat ini, terutama yang telah menggunakan otentikasi dua langkah dengan nomor HP.

Namun, mereka bisa memutuskan tautan di otentikasi dua faktor mereka dan menghapus pertemanan dengan teman yang disarankan, kemudian menambahkan mereka lagi secara manual.

Baca Juga :Facebook Batal Selipkan Iklan di WhatsApp

Langkah ini konon berasal dari inisiatif tim peninjau privasi internal Facebook yang dipimpin Michel Protti.

Sebab, Protti bersama Zuckerberg bertanggung jawab menandatangani laporan sertifikasi privasi pengguna yang diminta Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) secara rutin tiap triwulan.

Buyer's Guide

Rekomendasi Smartphone Rp3 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Kebutuhan pengguna ponsel tidak hanya pada fitur kamera saja, kapasitas memori,...

5 Smartphone Oppo Dengan Layar Punch Hole  

Jakarta, Selular.ID – Tampilan layar smartphone menjadi semakin lega sekaligus menawan berkat mengusung konsep...

Oppo A15 Usung 3 Kamera, Harga Rp1 Jutaan

Jakarta, Selular.ID – Oppo secara resmi meluncurkan perangkat A15 di Indonesia. Oppo A15 tampil...

Samsung Galaxy A21s Kini Tampil dengan Warna dan Memori...

Jakarta, Selular.ID - Samsung Indonesia kembali menghadirkan varian baru dari Galaxy A21s. Perangkat lini...

7 Smartphone Xiaomi dengan Fast Charging Hingga 65W

Jakarta, Selular.ID – Bulan lalu kami menghadirkan panduan belanja tujuh smartphone Xiaomi dengan fitur...

5 Smartphone Oppo dengan Quad Camera Terbaik

Jakarta, Selular.ID -   Kamera kini menjadi salah satu fitur penting dalam memilih sebuah smartphone....

Artikel Terbaru

Kategori Terkait