Tuesday, April 7, 2020
Home News Amankan Data Pengguna, Facebook Gulirkan Pemberitahuan Login

Amankan Data Pengguna, Facebook Gulirkan Pemberitahuan Login

-

Jakarta, Selular.ID – Facebook menggulirkan fitur baru bernama Login Notifications. Fitur ini akan menampilkan notifikasi di aplikasi Facebook, jika pengguna melakukan login ke layanan pihak ketiga dengan menggunakan akun Facebook miliknya.

Pasalnya, persoalan privasi di Facebook banyak bersumber dari aplikasi pihak ketiga yang diberikan akses ke data pribadi pengguna.

Dalam notifikasi, seperti dilansir Mashable, nantinya ditampilkan informasi waktu login berikut akses ke data jenis mana saja yang diminta oleh pihak ketiga tersebut, misalnya, informasi soal nama, tanggal lahir, alamat e-mail, atau daftar teman.

Login Notifications yang akan muncul pada e-mail pengguna yang terdaftar di akun Facebook.Di sini juga terdapat tombol khusus bernama “Edit Settings” untuk menghapus hak akses aplikasi pihak ketiga tersebut terhadap data pribadi.

Tidak hanya sampai disini, seperti dikabarkan, tahun ini Facebook mengatakan bakal melanjutkan eksperimen untuk menambah kendali pengguna atas data mereka, terutama yang berhubungan dengan login ke pihak ketiga.

Diketahui, sebelumnya Facebook menggulirkan fitur otentikasi dua faktor tanpa nomor telepon. Facebook tidak lagi meminta nomor telepon ponsel pengguna melalui fitur otentikasi dua faktor, yang akan digunakan untuk menyarankan teman.

Perubahan privasi ini mulai berlaku di beberapa negara seperti Ekuador, Etiopia, Pakistan, Libya, dan Kamboja. Facebook mengatakan negara lain akan mulai mendapat pembaruan privasi tahun ini.

Perubahan ini tidak berlaku secara default bagi pengguna Facebook saat ini, terutama yang telah menggunakan otentikasi dua langkah dengan nomor HP.

Namun, mereka bisa memutuskan tautan di otentikasi dua faktor mereka dan menghapus pertemanan dengan teman yang disarankan, kemudian menambahkan mereka lagi secara manual.

Baca Juga :Facebook Batal Selipkan Iklan di WhatsApp

Langkah ini konon berasal dari inisiatif tim peninjau privasi internal Facebook yang dipimpin Michel Protti.

Sebab, Protti bersama Zuckerberg bertanggung jawab menandatangani laporan sertifikasi privasi pengguna yang diminta Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) secara rutin tiap triwulan.

TERBARU

Google Tingkatkan Keamanan Face Unlock Pixel 4

Jakarta, Selular.ID - Pixel 4 dirilis pada Oktober 2019, dan pada 6 April, Google...

Zoom Tambah Fitur Keamanan

Jakarta, Selular.ID - Dalam upaya untuk mencegah Zoombombing, dengan orang tidak bertanggung jawab dan...

Vidio Beri Gratis Nonton 14 Hari

Jakarta, Selular.ID – Mendukung imbauan di rumah aja sebagai kebijakan pemerintah untuk meminimalisir penyebaran...

Latest