Tuesday, February 18, 2020
Home News Market Update Gartner: Pengiriman Ponsel Tumbuh Berkat 5G, Tetapi Tidak Lama

Gartner: Pengiriman Ponsel Tumbuh Berkat 5G, Tetapi Tidak Lama

-

Jakarta, Selular.ID – Bertolak belakang dengan pasar smartphone Indonesia yang terus tumbuh, pasar global memperlihatkan titik jenuh sepanjang tahun 2019.

Namun prediksi dari beberapa perusahaan riset menunjukkan pengiriman global akan mendapatkan dorongan yang sehat pada tahun 2020 sebagian besar berkat munculnya 5G.

Walaupun handset berkemampuan 5G sudah keluar tahun lalu, ketersediaannya terbilang langka dan harga tinggi, menjadikan angka penjualan mereka tidak banyak jika diperhitungkan dalam skema besar.

Analis top Gartner memperkirakan status quo akan secara bertahap berubah, karena pangsa pasar keseluruhan smartphone 5G bisa naik dari 12 persen pada tahun 2020 menjadi sebanyak 43 persen “pada tahun 2022”, dan akhirnya, lebih dari 50 persen pada tahun 2023.

Dengan kata lain, setidaknya satu dari dua smartphone yang dikirim ke seluruh dunia dalam kurun waktu tiga tahun ke depan bisa mengunduh dengan kecepatan 5G.

Patut digarisbawahi, Gartner tidak mengatakan pengiriman ponsel global tumbuh dengan margin besar tahun ini dibandingkan tahun 2019.

Perkiraan kenaikan 1,7 persen yang diterjemahkan sederhana menjadi 1,77 miliar unit. Diikuti prediksi penurunan minor untuk 2021 dan kian menyusut pada 2022, ketika penjualan mencapai titik serendah 1,75 miliar unit.

Jika tidak dimasukkan, peningkatan pasar secara keseluruhan yang dihasilkan oleh penyebaran handset berkemampuan 5G akan berumur pendek, tetapi setidaknya total penjualan tidak diperkirakan turun secara mendadak seperti yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

Ketika melihat ponsel dan komputer bersama-sama, situasinya sedikit suram, karena pasar PC diperkirakan akan terus menyusut hingga 2022 setelah dilaporkan naik 0,6 persen tanpa terduga untuk 2019 dibandingkan 2018.

Latest