Monday, October 14, 2019
Home News Begini Cara Mengamankan Akun Sosial Media Anda

Begini Cara Mengamankan Akun Sosial Media Anda

-

Jakarta, Selular.ID – Sebagai pengguna sosial media tentunya mengetahui bahwa keamanan privasi akun dan data menjadi hal penting bagi penggunanya.

Melalui kampanye #kendalikanprivasimu, Facebook berusaha meyakinkan kemanan privasi penggunanya dalam ketiga platform sosial media miliknya. Hal ini terbukti dengan adanya fitur ‘Privacy Settings’ yang berbeda-beda, baik dalam Facebook, WhatsApp, maupun Instagram.

Baca juga: Amankan Akun Facebook, Aktifkan Fitur Ini

Tidak usah khawatir, Selular.ID secara khusus akan menghadirkan cara amankan akun sosial media Anda.

Langkah-langkah mengamankan akun Anda

Cari pengaturan keamanan dan privasi Anda

Pengaturan privasi ini berbeda-beda dalam setiap platform sosial medianya. maka dari itu Selular.ID akan membaginya sesuai dengan setiap platform milik Facebook.

Facebook

Caranya cukup mudah, yakni Anda bisa mengikuti paduan dalam gambar diatas. pertama cukup klik ikon tiga garis di kanan bawah akun Facebook Anda, kemudian scroll ke bagian bawah untuk menemukan pengaturan privasi dan keamanan. selanjutnya, Anda bisa mengatur privasi, keamanan akun, hingga informasi mengenai akun Anda.

Instagram

Cukup kunjungi pengaturan dalam profile Instagram Anda, kemudian pilih Privacy. selanjutnya Anda bisa mengatur privasi dalam akun Instagram, dapat pula mengatur siapa saja yang bisa melihat ‘Stories’ Anda.

WhatsApp

Dalam WhatsApp, Anda bisa mengatur privasi dan keamanan akun secara terpisah. cukup klik ikon 3 titik dalam WhatsApp, kemudian pilih akun. Selanjutnya, pilih privasi untuk mengatur privasi serta keamanan untuk mengatur keamanan secara terpisah.

Keamanan Ganda

Setelah Anda menemukan pengaturan privasi dan keamanan dalam ketiga platform sosial media milik Facebook, Anda masih bisa meningkatkannya dalam fitur ‘Two Factor Authentication.

Ketika fitur ini diaktifkan, maka Anda akan menerima notifikasi jika ada seseorang yang berusaha login menggunakan akun Anda dari perangkat yang tidak dikenal.

Kelola apa yang ingin anda lihat

Setiap post di Facebook dan Instagram memiliki ikon tiga titik pada pojok kanan atas. Hal itu berfungsi untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat post Anda serta juga mampu melaporkan sebuah post yang kontennya tidak sesuai.

Baca juga: Sosialisasikan Keamanan di Media Sosial, Facebook Cafe Hadir di Jakarta

Selain itu, didalamnya Anda juga bisa mengatur untuk tidak melihat post akun yang sebelumnya sudah Anda unfollow.

Tentukan siapa yang dapat melihat konten anda

Ketiga platform milik Facebook dibekali dengan fitur pengaturan audiens dari postingan Anda. Dalam Instagram misalnya, terdapat ‘Close Friend’ yang memungkinkan bagi Anda untuk mengatur daftar teman khusus yang bisa melihat postingan ataupun story Anda.

Baca juga: Begini Fitur ‘Kencan’ Dalam Facebook yang Mirip Tinder

Facebook itu sendiri memiliki pengaturan privacy yang memungkinkan Anda untuk mengatur audiens dari postingan akun Facebook Anda. Bahkan, WhatsApp juga memilikinya dalam pengaturan privasi stories di platform tersebut.

Nah, sisanya diserahkan kepada Anda. Jika Anda menginginkan akun sosial medianya aman, Anda bisa menerapkan cara amankan akun sosial media diatas.

 

Latest