Thursday, October 24, 2019
Home News E-Commerce Ini Trend Belanja Pelanggan Zilingo 2019

Ini Trend Belanja Pelanggan Zilingo 2019

-

Jakarta, Selular.ID – Zilingo merilis data yang telah dikumpulkan dari bulan Januari hingga Juni 2019 mengenai kebiasaan belanja pelanggannya pada paruh pertama 2019.

“Zilingo berkomitmen untuk menempatkan pelanggan kami sebagai pusat dari bisnis kami. Melalui laporan ini, kami ingin membagikan hal yang telah kami pelajari mengenai pelanggan kami dan berharap untuk dapat mengeksplorasi bagaimana kami dapat memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik. Kami juga ingin berterima kasih kepada para pelanggan kami karena telah memilih Zilingo sebagai platform pilihan untuk kebutuhan fesyen dan gaya hidup mereka,” ujar Sarah Humaira, VP dan Head of B2C Marketing, Zilingo melalui keterangan resminya.

Berikut trend produk di Zilingo.

1. Produk fashion tetap menjadi kategori yang paling banyak dibeli.

Sebagai destinasi utama dalam hal fashion dan gaya hidup, tidak mengejutkan jika pakaian dan aksesoris fesyen menjadi prioritas utama pelanggan ketika mengunjungi dan berbelanja di Zilingo. Lima kategori teratas yang terjual pada semester pertama 2019 adalah pakaian (31,11%), sepatu (20,23%), kebutuhan rumah tangga (11,46%), pakaian Muslim (9,19%), serta tas dan dompet (5,43%).

Selain itu, data juga menunjukkan bahwa para pelanggan mulai membeli lebih banyak barang untuk kebutuhan rumah mereka seperti keperluan kamar tidur, dekorasi rumah serta penyimpanan untuk pakaian dan sepatu, yang menjadikan Zilingo sebagai platform lengkap untuk memenuhi kebutuhan fesyen dan gaya hidup mereka.

2. Pelanggan laki-laki semakin peduli dengan penampilan

Lebih dari 40% pelanggan Zilingo adalah pria dengan pilihan busana paling digemari, yaitu kaos dan kemeja polo (14,75%), sandal (8,34%), sepatu (8,14%), pakaian kasual (7,39%), dan kemeja formal (5,95%).

Sebagai perbandingan, hampir 60% pelanggan Zilingo adalah wanita dan lima produk yang paling banyak dibeli adalah flatshoes (7,84%), sepatu kasual (7,81%), sandal (6,81%), atasan dan tunik (6,72%), serta legging (6,63%).

3. Ponsel dan tablet semakin populer untuk keperluan belanja online

Smartphone dan tablet kian memudahkan pembeli untuk mencari produk dan menemukan ulasan dari pelanggan lain sebelum melakukan transaksi. Tren ini juga populer diantara para pelanggan Zilingo yang 85% diantaranya melakukan transaksi langsung melalui aplikasi mobile Zilingo.

Sebagian besar transaksi juga terjadi saat istirahat makan siang antara jam 12 – 2 siang atau selepas jam kerja antara jam 6 sore – 8 malam. Hal ini menunjukkan bahwa online shopping telah menjadi sebuah rutinitas yang pelanggan lakukan dalam waktu luang mereka.

4. Pelanggan dari pulau Jawa mendominasi pembelian

Lebih dari 50% transaksi di Zilingo berasal dari pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat. Menyusul di tempat kedua dan ketiga adalah Sumatera dan Sulawesi. Jika ditelaah berdasarkan kota, Medan berada di posisi pertama sebagai kota dengan jumlah pesanan terbesar, diikuti oleh Surabaya, dan Bekasi.

5. Pelanggan lebih memilih fitur pembayaran ‘Cash on Delivery’

Sebagai salah satu dari sebagian kecil platform e-commerce yang menawarkan layanan ‘Cash on Delivery’ (COD), Zilingo meringankan salah satu tantangan pelanggan ketika berbelanja secara online. Fitur COD ini terbukti diterima dengan baik oleh pelanggan Zilingo karena sebagian besar pembelian di Zilingo menggunakan fitur pembayaran ini.

Melalui COD, pelanggan yang minim atau tanpa akses ke bank tetap dapat membeli keperluan fesyen favorit mereka dimanapun mereka berada. Pelanggan juga dapat memeriksa produk yang dibeli secara langsung sebelum membayarnya. Hal ini menciptakan rasa saling percaya dan tingkat pemahaman yang lebih tinggi antara Zilingo dan pelanggannya.

“Paruh pertama tahun 2019 merupakan waktu yang mengasyikkan bagi pelanggan kami di Indonesia. Setelah meluncurkan beberapa kampanye terbesar pada tahun 2019 termasuk #BelanjaVersiGue di Ramadan Ini untuk para pelanggan kami di Indonesia, kami berharap dapat terus meningkatkan pengalaman belanja pelanggan kami melalui penawaran dan inisiatif pemasaran kami. Kami optimis untuk menyambut paruh kedua tahun 2019 yang akan datang,” tutup Sarah.

Latest