Jakarta, Selular.ID – Disamping penyedia layanan telekomunikasi berlomba-lomba untuk memenangkan perilisan jaringan 5G pertama, para vendor smartphone sedang mempersiapkan untuk memperkenalkan rentetan smartphone yang mendukung konektivitas ultra-cepat pada 2019.

Menurut laporan baru oleh Fast Company, iPhone 5G pertama akan datang pada tahun 2020. Mengutip sumber tanpa nama “dengan pengetahuan tentang rencana Apple”, majalah AS mengklaim bahwa chip modem Intel 10-nanometer 8161 secara ekslusif akan digunakan pada perangkat. Raksasa teknologi ini telah menggunakan modem dari Qualcomm dan Intel sejak 2016, tetapi sepertinya vendor asal Cupertino ini sudah memutus kontrak dengan Qualcomm.

BACA JUGA:
iPhone XI Dengan 3 Kamera, Rilis 10 September

Tes saat ini dilaporkan dilakukan dengan chip 8060, dan hasilnya tidak terlalu menggembirakan. Rupanya, Intel memiliki masalah pada pembuangan panas yang terdapat pada komponen perangkat.

Banyak operator AS akan bergantung pada penggunaan gelombang milimeter, spektrum radiasi elektromagnetik antara 30 dan 300 GHz, untuk 5G. Modem 8060 mengalami masalah dengan akumulasi panas, yang juga berdampak negatif terhadap masa pakai baterai.

BACA JUGA:
iPhone Klaim Miliki Desain Berbeda Untuk Layar Lipatnya

Sumber menyatakan bahwa Intel yakin akan kemampuannya untuk menyelesaikan masalah secapatnya, tetapi Apple sudah membidik MediaTek sebagai pemasok chip alternatif jika masalah Intel masih berlanjut. Sebagai perbandingan, produsen Android seperti Samsung, Huawei, dan Xiaomi akan menggunakan modem Qualcomm X50 5G, yang seharusnya tidak memanas sebanyak mungkin.

Perlu diketahui, jaringan 5G merupakan generasi kelima setelah 4G yang memiliki kecepatan unduh lebih cepat, latensi lebih rendah, dan kemampuan untuk menghubungkan lebih banyak perangkat dengan cepat.