Jakarta, Selular.ID – Seperti yang kita ketahui, Google Assistant sudah dapat memahami banyak bahasa di dunia. Kemampuan yang dimiliki Google Assistant juga cukup beragam, seperti membacakan update cuaca sekitar, membacakan berita terbaru, memutar musik, dan masih banyak hal lain yang dapat dilakukan dengan layanan milik Google ini.

Walaupun fitur kecerdasan buatan yang dimiliki Google Assistant sudah cukup canggih, ini tidak menutup kemungkinan bagi perusahaan untuk terus mengembangkannya. Dilaporkan dari Engadget, Jum’at (31/08),  Google mengumumkan bahwa asisten pintarnya sekarang sudah dapat memahami dua bahasa sekaligus.

Namun, fitur ini belum mendukung bahasa Indonesia. Hanya beberapa bahasa saja yang baru mendukung fitur ini, antara lain: bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, dan Jepang. Perusahaan akan terus menambahkan dukungan untuk lebih banyak bahasa dalam beberapa bulan kedepan.

Untuk menggunakannya, pengguna bisa berbicara dalam dua bahasa secara bergantian dan asisten akan mengikuti apa yang telah diucapkan.

Selain itu, dilaporkan juga bahwa Google telah memperluas ketersediaan Google Home Max. Perusahaan mulai meluncurkan speaker pintar tersebut di Inggris, Prancis, dan Jerman hari ini. Dengan begitu, sekarang, sudah ada 6 negara yang memiliki ketersediaan Google Home Max, termasuk AS, Kanada, dan Australia. Belum diketahui kapan perangkat ini masuk ke Indonesia.

Perusahaan juga telah membuat kontrol suara menggunakan Chromecast menjadi lebih mulus. Jika kalian telah menjadikan Chromecast sebagai TV default untuk Google Home, maka kalian tidak perlu lagi menginstruksikan Google Assistant dimana kalian ingin menonton sebuah video.

Sebagai contoh, kalian tidak perlu mengucapkan “Hai Google, putar Stranger Things di TV Ruang Keluarga,” melainkan cukup katakan “Hai Google, putar Stranger Things” maka film tersebut akan secara otomatis di putar pada perangkat yang sudah dipilih sebelumnya.

Disamping itu, kalian juga akan dapat melihat tanggapan visual dari Google Assistant di layar TV berkat Chromecast dan Google Home. Tentunya, tanggapan visual tersebut tidak akan mengganggu kegiatan menonton kalian nantinya.