Tuesday, June 25, 2019
Home News Kamera Error, Pembeli Pocophone F1 Kecewa

Kamera Error, Pembeli Pocophone F1 Kecewa

-

Jakarta, Selular.ID – Sub brand Xiaomi, Pocophone beberapa waktu lalu meluncurkan ponsel pertamanya di Indonesia yakni F1. Pocophone F1 merupakan smartphone flagship Xiaomi yang masuk ke Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Xiaomi hanya menghadirkan ponsel menengahnya saja ke Indonesia.

Untuk smartphone flagshipnya tidak diboyong ke Indonesia. Kalau pun ada smartphone flagship Xiaomi yang masuk ke Indonesia, besar kemungkinan ponsel tersebut melalui Black Market (BM). Karena ponsel resmi yang diboyong Xiaomi ke Indonesia hanyalah ponsel menengah.

Ini juga dikarenakan pasar masyarakat di Indonesia lebih menyukai ponsel menengah Xiaomi. Untuk merambah ke pasar premium Xiaomi menghadirkan Pocophone F1 ke Indonesia.

Layaknya ponsel flagship, Pocophone F1 ini mengusung serangkaian spesifikasi dan fitur handal. Namun, harga yang ditawarkan cukup terjangkau setara dengan ponsel menengah. Di Indonesia, Pocophone hadir dalam dua varian yakni RAM 6GB dengan ROM 64GB dan RAM 6GB dengan ROM 128GB. Varian 6/64 dibanderol seharga Rp 4,5 juta. Sedangkan varian 6/128 dilepas seharga Rp 5 juta.

F1 mengedepankan kamera sebagai fitur unggulan. Kamera utama ganda beresolusi masing-masing 12MP 12 MP dan 5 MP. Lensa utamanya menggunakan sensor Sony IMX363 didukung teknologi Dual Pixel Autofocus.

Sementara kamera selfienya beresolusi 20MP. Baik kamera utama maupun selfie didukung teknologi Ai. Namun, kenyataannya justru berbanding terbalik.

Baru-baru ini, seorang pembeli Pocophone F1 mengatakan bahwa ponsel yang dia beli mengalami masalah saat mengakses kamera. Dalam ciutannya di Twitter, akun K2 Gadgets menyampaikan kekecewaanya terhadap Pocophone.

Akun twitter tersebut mengungkapkan bahwa dia telah menukar unit Pocophone yang bermasalah tersebut sebanyak dua kali. Namun masih saja mengalami kendala.

Jadi total 3 unit yang dia miliki dan semuanya mengalami masalah yang sama yakni ada bug atau error pada menu kamera. 3 unit tersebut mencakup 2 biru dan 1 hitam. Pembelian Pocophone tersebut dilakukan di Erafone Store di Puri Indah Mall.

“Ini impresi awal yang cukup buruk terhadap flagship murah. Well mungkin kedepannya gak begini lagi. Tapi impresi awal penting. Kata supervisor Erafone, penjualan Pocophone F1 di Erafone akan di stop sementara perbaikan bug pada smatphone tersebut,” cuit K2 Gadgets melalui akun Twitter nya.

Pada akhirnya, 3 unit Pocophone tersebut dikembalikan dan K2 Gadgets mendapatkan kembali uangnya.

Selang beberapa waktu, Xiaomi Indonesia pun memberikan tangapan atas masalah tersebut melalui akun Twitter resminya. Dalam postingannya, Xiaomi Indonesia membeberkan alasan masalah yang ditimbulkan Pocophone dan permintaan maaf kepada K2 Gadgets.

“Kami menyadari adanya kejadian dimana bug software mempengaruhi sebagian kecil fungsi kamera Pocophone F1 di kondisi tertentu. Hal ini sudah diperbaiki dalam update software (19.6.14.0) yang akan tersedia bagi semua pengguna mulai hari ini. Kami menyarankan pengguna Pocophone F1 segera update software jika mengalami hal serupa,” posting Xiaomi Indonesia dalam akun Twitter-nya.

K2 Gadget mengatakan bahwa Xiaomi Indonesia dan Pocophone cukup cepat tanggap dalam menangani kasus ini. Semoga tidak terjadi lagi hal serupa pada produk Pocophone F1 lainnya.

Kasus ini seharusnya menjadi pelajaran bagi para vendor smartphone termasuk Xiaomi agar kedepannya produk yang telah sampai ke tangan konsumen telah benar-benar lulus uji kelayakan.

Latest