Jangan Panggil Aku “Hey Siri” Lagi Paman, Apple Hilangkan Fitur Ini

Hey Siri

Selular.ID – Apple di kabarkan akan menghilangkan fitur layanan asisten suara pada perangkatnya yakni “Hey Siri” menjadi “Siri”.

“Hey Siri” adalah layanan asisten suara yang telah lama hadir pada perangkat dari Apple. Teknologi ini telah lama hadir sejak lebih dari satu dekade lalu, tepatnya Oktober 2011.

Teknologi Hey Siri ini juga mampu mengenali suara dari pemiliknya, sehingga sang asisten bisa dengan mudah memberikan layanan dari pemilik atau pun orang lain hanya dengan memangil “Hey Siri”.

Namun dari kemunculan Hey Siri yang sudah lama tersebut, Apple sebagai perusahaan yang menaungi fitur teknologi tersebut akan di ganti.

Diganti disini bukan memberi arti di hilangkan, namun perusahaan akan mengubahnya lebih singkat, cukup bilang “Siri” layaknya memanggil nama seseorang.

Baca juga : Fungsi Fitur Apple CarPlay dan Android Auto di Honda WR-V, Simak Perbedaannya

Laporan ini di kabarkan oleh Bloomberg yang bilang bahwa insinyur Apple sedang bekerja untuk menghilangkan bagian “Hei” dari frasa kata kunci.

Ternyata Apple juga  melaporkan telah mengerjakan perubahan ini selama beberapa bulan terakhir dan berharap untuk meluncurkannya tahun depan atau pada tahun 2024 tergantung pada kemajuan pengembangan dan pengujian.

Apple juga bekerja untuk melakukan perbaikan pada aspek lain dari Siri, termasuk integrasinya ke dalam aplikasi dan layanan pihak ketiga.

“Ini akan mengintegrasikan asisten suara lebih dalam ke aplikasi dan layanan pihak ketiga dan meningkatkan kemampuannya untuk memahami pengguna dan mengambil tindakan yang benar,” kata Bloomberg dalam laporannya.

Mengingat juga, perubahannya ini seperti pada fitur yang  di berikan oleh kompetitornya, yakni Amazon, di mana di Amazon anda hanya perlu mengatakan “Alexa” untuk memicu asisten, bukan “Hei Alexa.”

Namun hal yang sama di Google masih tetap mempertahankan frasa kata kunci untuk layanan google asistennya dengan sebutan “Hai Google” atau “OK Google”.

Menurut redaksi Selular, ini hanya berbicara soal selera, padahal menyebutkan “Hey Siri” saja tidak terlalu susah.

Atau mungkin perusahaan tidak ingin memiliki frasa dua suku kata, dengan nantinya hanya memanggil “Siri” itu malah mempermudah layanannya.

Baca juga : Google Play Game Resmi Rilis Secara Global, Bagaimana dengan Indonesia?