Saturday, April 20, 2019
Home News E-Commerce Belanja di JD Bisa dengan Scan QR Code di Stasiun

Belanja di JD Bisa dengan Scan QR Code di Stasiun

-

Jakarta, Selular.ID – Bila anda kerap berkomuter menggunakan KRL Jabodetabek, mungkin sudah pernah melihat papan iklan berisi produk kebutuhan sehari-hari. Tiap produk mencantumkan informasi harga serta QR Code di sudut bawah.

Ya itu adalah inovasi terbaru dari salah satu e-commerce di Indonesia, JD.ID, yang mencoba mentransformasi kebiasaan belanja masyarakat tanah air terutama di kota besar. Bernama JD.ID Virtual, afiliasi JD.com itu memanfaatkan teknologi kode QR.

“Pilihan baru ini menawarkan cara berbelanja ritel modern yang praktis dan inovatif dengan tetap mengedepankan konsep belanja tanpa batas (borderless) dan non-tunai (cashless),” kata Zhang Li, President Director JD.ID, pada keterangan resmi yang diterima Selular.ID (12/9/2018).

Saat ini, pilihan berbelanja baru ini sudah dapat dicoba di sembilan stasiun kereta utama di seputaran Jabodetabek yang hadir serentak mulai 5 September 2018.

“Di kesembilan lokasi utama tersebut, para pelanggan setia JD.ID maupun konsumen lainnya dapat menemui sejumlah papan banner yang cukup mencolok seolah sedang berada di mini market, berupa rak berisikan produk kebutuhan rumah tangga secara virtual yang bisa langsung dibeli dengan cara memindai kode QR di aplikasi JD.ID ponsel mereka,” tutur Li.

Seluruh barang yang dibeli akan diproses dan diantar ke alamat yang diinginkan seperti layaknya berbelanja online.

Pada tahap awal ini, JD.ID Virtual kini dapat ditemui di sembilan stasiun kereta di Jabodetabek yaitu:

  1. Jakarta Kota
  2. Sudirman
  3. Sudimara
  4. Juanda
  5. Gondangdia
  6. Cikini
  7. Tebet
  8. Pasar Minggu
  9. Depok Baru

Saat ini, stasiun kereta menjadi lokasi yang pas untuk JD.ID Virtual karena merupakan lokasi yang penting dalam keseharian masyarakat kita. Menurut Biro Pusat Statistik pada riset tahun 2018 jumlah penumpang KRL Jabodetabek menunjukkan jumlah yang secara konsisten meningkat, tidak pernah kurang dari 24 ribu orang per bulannya.

Sementara itu, mengutip data dari PT Kereta Commuter Indonesia di laman resminya, hingga Juni 2018 rata-rata jumlah pengguna KRL per hari mencapai 1,001,438 pengguna pada hari kerja, dengan rekor jumlah pengguna terbanyak yang dilayani dalam satu hari adalah 1.154.080.

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest