Jakarta, Selular.ID – Go Edition merupakan platform anyar dari Google untuk smartphone Android terjangkau. Dengan Go Edition, meski smartphone memiliki spesifikasi rendah, akan tetap bisa menjalankan aplikasi dengan lancar.

Nokia 1 menjadi smartphone global pertama yang mengusung Android Oreo Go Edition di Indonesia. Perangkat sudah dijajakan di pasar tanah air dengan harga resmi Rp999.000.

BACA JUGA:
Selular Editor’s Choice 2018 : Best Smartphone Dibawah Rp1 juta

“Saat ini ada enam aplikasi di Google Play yang sudah Go Edition,” kata Miranda Vania Warokka, Marketing Head Nokia Indonesia, pada peluncuran Nokia 1 di Indonesia, di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Enam aplikasi tersebut semuanya adalah besutan Google, yakni: Google Go, Gmail Go, Google Assistant Go, Files Go, Maps Go, dan Youtube Go. Mereka semua sudah terinstal langsung di Nokia 1.

BACA JUGA:
Selular Editor’s Choice 2018 : Best Smartphone Dibawah Rp1 juta

“Perbedaannya sangat signifikan. Contohnya Google Maps. Kalau aplikasi Maps reguler ukurannya mencapai 88MB sementara versi Maps Go tidak sampai 1MB. Keduanya punya fitur yang sama,” papar Miranda.

Dengan begitu, storage Nokia 1 bisa memuat lebih banyak aplikasi meski RAM-nya ‘hanya’ 1GB dan ruang penyimpanan internal 8GB.

Selain enam aplikasi di atas, saat ini tidak ada aplikasi lain yang mempunyai versi Go Edition.

BACA JUGA:
Selular Editor’s Choice 2018 : Best Smartphone Dibawah Rp1 juta

Tapi pemilik smartphone Nokia 1 bisa menginstal versi “Lite” dari aplikasi populer seperti Facebook Lite, Messenger Lite, Twitter Lite, dan Line Lite.

Empat aplikasi “ringan” itu sudah tersedia di Indonesia.