Friday, June 21, 2019
Home News Kominfo Belum Akan Naikkan TKDN Ponsel 4G

Kominfo Belum Akan Naikkan TKDN Ponsel 4G

-

Jakarta, Selular.ID – Kementerian Perindustrian berencana akan meningkatkan jumlah Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) tersebut menjadi 35 persen untuk smartphone berteknologi 4G yang edar di pasar Indonesia pada tahun 2018 ini sebagai uoaya untuk mendorong tumbuhnya industri dalam negeri, p

Harjanto, Direktur Jendral Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin beberapa waktu lalu kepada Selular manyampaikan, dalam roadmapnya, TKDN setiap tahun akan naik. Hal ini untuk mendorong tumbuhnya industri pendukung/komponen di dalam negeri.

Beberapa komponen lebih lanjut disampaikan Harjanto sudah tumbuh dan berkembang dan telah mendukung target TKDN 30% pada tahun 2017, seperti earphone, cable, adapter, baterai, dan lain-lain. Diharapkan pada tahun 2018 industri pendukung lainnya akan tumbuh dan berkembang seperti PCB Assembly (Surface Mount Technology) dan gift box, sehingga akan meningkatkan TKDN menjadi 40%.

“Namun, kami ingin target TKDN 40% pada tahun 2018, akan kita evaluasi lagi, apakah secara bertahap, dimulai dari 35% menjadi 40% pada tahun berikutnya,” jelas Harjanto.

Dalam kesempatan yang berebeda, Rudiantara Menteri Komunikasi dan Informatika RI saat ditemui di kantor XL Axiata menyampaikan kebijakan pemenuhan TKDN belum akan ditingkatkan.

“Kalau makin ditingkatkan TKDN-nya justru tidak akan lebih produktif,” kata Rudiantara.

Lebih lanjut disampaikan menteri yang biasa disapa Chief RA ini tidak gampang menaikkan TKDN karena harus berhadapan juga dengan World Trade Organization (WTO).

“Setiap saya ketemu, mereka memang selalu angkat isu TKDN. Bukan masalah takut, tapi kita harus reaistis,” ungkapnya.

Latest