Tuesday, July 23, 2019
Home News Telco Hasil Uji Jaringan Smartfren di Jogjakarta dan Jawa Tengah

Hasil Uji Jaringan Smartfren di Jogjakarta dan Jawa Tengah

-

Jogjakarta, Selular.ID – Smartfren telah memperluas jaringan nya di seluruh Indonesia termasuk Jogjakarta. Mulai dari kota besar hingga kota kecil. Untuk membuktikan kecepatan internet Smartfren, Redaksi Selular.ID melakukan uji jaringan di seputaran wilayah Jawa Tengah dan Jogjakarta.

Uji jaringan dilakukan selama perjalanan dari Jogjakarta menuju Jawa Tengah menggunakan bis dan sepeda. Kami menggunakan aplikasi Speed Test Ookla untuk uji jaringan selama sepanjang perjalanan menuju kawasan dari Jogjakarta menuju Candi Plaosan di Klaten, Jawa Tengah.

Kami menggunakan smartphone Andromax L dengan paket internet Smartfren dan Mi-Fi. Selain menggunakan Speed Test, kami juga menggunakan jaringan Smartfren untuk streaming, download dan sebagainya.

Serangkaian hasil Speed Test Smartfren (Donnie Pratama Putra/Selular.ID)

Hasilnya beragam. Di desa terpencil seperti di Desa Taji, Klaten, Jawa Tengah tempat pengrajin angklung, kami masih mendapatkan jaringan Smartfren.

Smartfren tetap berada di jaringan 4G meski di daerah terpencil. Tak seperti provider lain ketika di daerah terpencil sinyal nya turun menjadi 3G ataupun 2G.

Uji jaringan Smartfren menggunakan Speed Test (Donnie Pratama Putra/Selular.ID)

Di desa Taji, tercatat hasil upload 23.2Mbps dan download 1.70Mbps. Kecepatan download nya cukup tinggi untuk daerah terpencil tersebut. Namun, kecepatan upload nya kurang maksimal.

Ketika tiba di Candi Plaosan, Klaten, Jawa Tengah, hasil kecepatan download 23.2Mbps dan upload 1.70Mbps.

Sementara hasil uji jaringan tertinggi diperoleh ketika setibanya kami di hotel Marriot, Jogjakarta dengan kecepatan download 42.7Mbps dan upload 4.51Mbps.

Untuk uji streaming YouTube dan download file, hasilnya cukup lancar ketika berhenti di spot tertentu. Ketika di bis, jaringan sempat terputus dan tidak stabil. Ketika berada di desa Taji dan spot lainnya streaming dan download cukup lancar.

Latest