Jakarta, Selular.ID – Memasuki libur Lebaran ini dimanfaatkan kebanyakan orang untuk berlibur. Beragam destinasi wisata bisa menjadi pilihan Anda untuk berlibur. Segala persiapan pun dipersiapkan agar liburan jadi menyenangkan. Mulai dari segala macam perlengkapan, akomodasi, dan juga informasi mengenai destinasi wisata yang ingin dituju.

Terlebih di era digital saat ini beragam aplikasi dapat Anda gunakan untuk membuat liburan lebih mudah dan menyenangkan. Ini juga ditunjang dengan smartphone yang sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang selalu dibawa kemana saja termasuk liburan. Beragam pilihan aplikasi dapat Anda gunakan agar suasana liburan menjadi semakin mudah dan menyenangkan.

Baca juga : Libur Lebaran Sambil Nonton Piala Dunia di Jaringan Smartfren

Berikut 5 aplikasi yang dapat Anda gunakan agar liburan menjadi mudah dan menyenangkan.

  1. Gmaps

Aplikasi bawaan Android, Gmaps dpaat diandalkan untuk menunjukan rute perjalanan liburan Anda. Update terbaru Gmaps menghadirkan serangkaian fitur menarik. Kini rute perjalanan mudik menggunakan motor pun bisa didteksi oleh Gmaps versi baru. Sebelumnya hanya rute perjalanan menggunakan mobil, kereta dan pejalan kaki saja.

Lokasi yang ditampilkan update Gmaps ini juga lebih akurat. Info restoran, kafe, SPBU, ATM, apotek, took dan tempat lainnya dapat Anda ketahui melalui Gmaps.

  1. Wonderful Indonesia

Jika Anda bingung dalam menentukan destinasi wisata yang tepat, mungkin Wonderfull Indonesia bisa membantu Anda. Aplikasi besutan Kementrian Pariwisata ini memungkinkan pengguna untuk menemukan tempat wisata di sekitar lokasi Anda berada saat itu. Melalui fitur nearby, Anda akan menemukan lokasi wisata terdekat, bahkan restoran dan hotel beserta informasi alamat lengkapnya dengan cepat dan mudah.

Baca juga : 4 Barang yang Harus Dibawa Saat Libur Lebaran

Selain itu, Wonderful Indonesia juga merangkum informasi lengkap berbagai lokasi wisata di Indonesia. Mulai dari Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Hadir cukup lengkap mulai dari wisata pegunungan hingga pantai dan laut. Hadir dengan tampilan yang colorfull, Wonderfull Indonesia juga memiliki kolom event, yang dimana terdapat jadwal-jadwal event pariwisata terbaru yang akan digelar beserta deskripsi dan link acara terkait. Sehingga memberikan info bagi Anda yang ingin pergi berlibur sekaligus hadir ke event tersebut.

  1. Zomatto

Selain Wonderfull Indonesia, Anda dapat menginstall aplikasi Zomatto untuk menunjukan lokasi tempat makan terbaik. Berbagai restaurant dan cafe yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia bisa dijadikan alternatif tempat untuk makan sambil liburan.

Beragam informasi yang bisa Anda dapatkan seperti alamat, nomor telepon tempat makan tersebut. Anda juga dapat memilih tempat buka makan terdekat dengan domisili Anda. Bahkan Anda bisa memesan tempat dan meja di cafe atau restoran tersebut.

  1. Pixlr

Tak lengkap rasanya jika momen liburan tidak diabadikan. Smartphone menjadi pilihan bagi hampir setiap orang untuk mengabadikan momen liburan tersebut. Tanpa perlu membawa kamera profesional, cukup dengan smartphone Anda dapat mengambil foto liburan tersebut.

Terlebih di pasaran saat ini, hadir beragam smartphone dengan kamera sebagai fitur unggulan. Untuk mempercantik hasil foto, Anda bisa mengandalkan aplikasi photo editor. Pixlr salah satunya.

Pixlr menghadirkan beberapa fitur menarik seperti crop, rotate serta Anda dapat mengatur adjustment dan contrast. Selain itu, Anda dapat memblurkan foto, menambah efek foto, atau bahkan menghilangkan garis mata ataupun lipstik di bibirmu yang kurang pas di foto. Anda juga dapat menambahkan bingkai dan teks untuk memperindah hasil foto.

Dari segi tampilan, Pixlr terlihat sangat simpel. Dengan Pixlr, Anda dapat mengedit foto dengan cepat dan langsung dibagikan ke jejaring sosial secara otomatis.

  1. Path

Setelah diedit, biasanya foto liburan dibagikan di jejaring sosial, Path misalnya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk berbagi berbagai momen yang dilalui bersama teman ataupun keluarga. Anda dapat berbagi momen lewat foto dan video, musik yang sedang didengarkan, film yang sedang ditonton, tempat yang dikunjungi, hingga buku yang sedang dibaca.

Path juga menyertakan fitur filter foto yang dapat diaplikasikan sebelum pengguna memposting momen foto. Disamping itu, Anda juga dapat memberikan emoticons pada momen pengguna lainnya, seperti smile, loves, laughs, gasps dan frowns. Path juga menyertakan fitur inner circle yang memungkinkan Anda mengatur privasi. Dengan begitu, Anda dapat menentukan orang-orang yang dapat melihat momen liburan Anda.

Kelima aplikasi ini dapat didownload secara gratis di Play Store dan App Store untuk perangkat Android dan iOS. Selamat liburan.