Jakarta.Selular.ID -Menggunakan browser pada ponsel atau tablet pengguna biasa dengan mode incognito atau menyamar. Mode ini akan mencegah browser untuk menyimpan riwayat browsing.

Mode incognito juga memungkinkan pengguna memakai aplikasi online seperti peramban (browser) tanpa dibuntuti aneka macam tracker. Aktivitasnya pun tak tercatat dalam log history.

kabarnya Fitur perlindungan privasi ini akan diterapkan oleh Youtube dalam waktu dekat.

BACA JUGA:
Empat Tahun Dirilis Youtube Premium Tidak Berkembang?

Dilaporkan Gizmodo, Nantinya, mode ini akan langsung tampil begitu membuka halaman profil Youtube. Ketika mode incognito aktif, Youtube tidak akan merekam riwayat menonton. Bahkan, semua saluran subscription juga tidak akan ditampilkan.

Pada menu subscription akan muncul ikon topi dan kacamata yang menandakan mode incognito sedang aktif. Sebelumnya, pengguna dapat mencegah aplikasi Youtube untuk menyimpan riwayat menonton melalui pengaturan di aplikasi ini. Namun, sekarang Youtube menyediakan pilihan yang lebih mudah dengan mode incognito.

BACA JUGA:
Berbau Negatif, YouTube Hapus 1,6 Juta Chanel

Mode ini masih berupa uji coba dan belum dapat digunakan secara umum. Sampai saat ini belum semua perangkat bisa melakukan mode ini. kabarnya, Youtube akan segera merilis mode ini dalam waktu dekat.

Baca juga: Fitur Ini Akan Ingatkan Pengguna Youtube untuk Beristirahat

Untuk menghentikan sementara proses pencatatan history search dan tontonan video. Fitur ini bisa ditemukan di menu “History & privacy” dalam “Settings”.

BACA JUGA:
YouTube Stories Mulai Bergulir

Namun, mode Incognito nantinya akan mempermudah proses tersebut tanpa harus repot-repot menggali ke dalam Settings tiap kali ingin diaktifkan.