Jakarta, Selular.ID – Di bulan Ramadhan ini, biasanya dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk liburan kemana saja baik dalam maupun luar negeri. Ketika melakukan perjalanan ke luar negeri, tentunya budaya dari negara yang dituju pun berbeda.

Ini sering sekali menjadi hambatan warga muslim Indonesia selama berada di negara tersebut, terlebih ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini.

Untuk membantu warga Indonesia yang melakukan perjalanan ke luar negeri, Microsoft menciptakan sebuah chatbot bernama Sofia.

Melalui teknologi awan Azure dari Microsoft dan teknologi Language Understanding Intelligence Services (LUIS), seorang warga muslim Indonesia yang menetap di Korea Selatan bernama Michail Goh menciptakan chatbot Sofia.

Pembuatan chatbot ini berdasarkan pengalaman Michael Goh sendiri yang mengenyam pendidikan di Korea Selatan selama 5 tahun.

Di Korea Selatan, dia sebagai warga muslim sulit untuk menemukan makanan halal disana. Informasi mengenai makanan halal di Korea Selatan baik online maupun offline masih sangat minim.

Untuk itu, Mikhail bersama istrinya dan beberapa rekannya membuat platform Have Halal, Will Travel (HHWT).

HHWT sendiri merupakan platform konten yang membantu setiap wisatawan Muslim dari berbagai negara untuk dapat melakukan perjalanan dengan percaya diri tanpa bantuan pemandu wisata.

Mulai dari menemukan makanan halal, tempat ibadah dan lainnya dapat ditemukan di HHWT.

HHWT kini menjangkau lebih dari sembilan juta Muslim di Singapura, Malaysia, dan Indonesia setiap bulannya. Informasi seputar destinasi wisata populer seperti Hong Kong, Jepang, London, Melbourne, dan Korea Selatan dapat ditampilkan di HHWT.

“Satu pertanyaan yang tim HHWT tanyakan pada diri mereka adalah bagaimana mereka dapat melayani 8.000 pengguna yang mencari pilihan makanan halal di Tokyo di platform seperti Facebook, email atau komentar website setiap hari. Jawabannya sangat jelas, HHWT memerlukan sebuah chatbot. Untuk itu, kami melahirkan chatbot Sofia,” ujar Mikhail melalui keterangan resmi yang diterima SelularID.

Sofia membantu setiap wisatawan dengan pertanyaan-pertanyaan mereka dari berbagai belahan dunia, tidak terbatas oleh zona waktu dimana mereka berada secara online selama 24 jam dalam 7 hari.

Dengan Sofia, tim HHWT kini dapat secara signifikan meningkatkan tingkat engagement mereka dengan penggunanya setiap hari.

Melalui Sofia, HHWT dapat menganalisa dan menjelaskan kebutuhan warga muslim dalam mendapatkan informasi seputra makanan halal dan lainnya.

“Sofia kami ciptakan untuk menjawab pertanyaan masyarakat kepada kami secara otomatis dan lebih cepat,” tegas Mikhail.

Selain menggunakan teknologi Microsoft, tim HHWT bekerjasama dengan PleoData untuk mengembangkan Sofia.

Platform awan Azure hadir dengan application programming interface (API) untuk QnA Maker yang menjadi fondasi bagi tim tersebut untuk membuat jawaban pada pertanyaan yang sering ditanyakan.

LUIS dari Microsoft kemudian memungkinkan para perancang chatbot untuk menggambarkan rangkaian data yang sudah ada memudahkan tim untuk menganalisa apa yang setiap pengguna tanyakan.

Baca juga: 5 Aplikasi Ini Wajib Diunduh Selama Ramadhan

“Menurut saya salah satu keuntungan terbesar menggunakan Microsoft Azure adalah QnA Maker,” tutup Rachel Tan, Managing Director PleoData.