Beranda News Inilah Smartphone Pertama yang Akan Gunakan Android Oreo

Inilah Smartphone Pertama yang Akan Gunakan Android Oreo

-

android oreo

Jakarta,Selular.ID – Android Oreo baru saja diperkenalkan oleh Google berbarengan dengan terjadinya Gerhana Matahari di Amerika serikat. Pemilik Android 8 ini berjanji akan meberikan pembaruan terhadap Google Pixel dengan segera. Nampaknya, hal ini memang benar benar akan terjadi.

Seperti yang Selular lansir dari laman Engadget pada, Kamis (31/08), Verizon telah mengungkapkan bahwa mereka akan menghadirkan Android 8 Oreo ke handset Pixel dan Pixel XL di sistemnya.

Hal itu menandakan bahwa perangkat Pixel dan Pixel XL yang akan mendapatkan pembaruan Android 8 Oreo pertama kali. Sebenarnya, ini tidak sepenuhnya mengejutkan mengingat pembaruan kecil telah tiba dengan cepat.

Seiring dengan pembaruan Android yang telah didapatkan Pixel dan Pixel XL, pertanyaan besar sekarang yaitu apakah generasi selanjutnya dari Pixel akan mendapatkan perlakuan yang sama seperti para pendahulunya?

Namun ini merupakan kabar baik, karena Verizon akan menepati janjinya untuk melakukan upgrade besar-besaran pada Pixel dan Pixel XL. Jika generasi sebelumnya sudah mendapatkan pembaruan yang lebih baik, diperkirakan pada generasi selanjutnya-pun akan mengalami hal yang serupa.

Fitur Android Oreo

Autofill API

Bagi kalian yang sering lupa password akun medsos, jangan khawatir. Karena di Android Oreo sudah tersedia fitur yang diberi nama Autofill API. Pengguna nantinya bisa mengaktifkan fitur ini dibagian menu settings kemudian pilih pengaturan bahasa dan input, setelah itu pengguna dapat memilih penyedia autofill. Setelah mengaktifkan, secara otomatis sistem akan menampilkan data yang telah dimasukkan dari aplikasi.

Selain itu, fitur ini juga dapat memverifikasi dengan menggunakan fingerprint atau metode lain yang lebih aman.

Background Limits

Demi memangkas kebutuhan daya pada ponsel, Google telah merancang Android 8.0 Oreo sedemikian rupa agar dapat meminimalisir penggunaan aplikasi di latar belakang. Hal tersebut juga memungkinkan pengurangan kinerja RAM pada ponsel, sehingga terciptalah performa yang baik. Selain tiu, fitur background limits juga dapat memindai aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan pengguna pada ponsel.

Dengan adanya fitur ini, ponsel yang menggunakan sistem operasi Android Oreo rupanya bakalan irit terhadap penggunaan daya dan juga memiliki performa yang lebih baik.

Picture-in-picture Mode

Salah satu fitur yang sebelumnya hanya tersedia di Android TV, kini sudah tersedia untuk ponsel dan tablet. Fitur picture-in-picture ini memungkinkan pengguna menonton atau streaming video sambil melakukan aktivitas lain di ponsel. Untuk dapat menikmati fitur ini, pengguna hanya harus memutar video dalam mode full-screen setelah itu tekan tombol home. Secara otomatis, aplikasi tersebut akan mengecilkan ukuran video tersebut dan bisa terus ditonton sambil melakukan aktivitas yang lain.

Sebagai catatan, aplikasi yang dapat menjalankan fitur ini adalah aplikasi yang sudah mendukung video PiP, aplikasi tersebut diantaranya YouTube, VLC media player, dan Chrome.

Artikel Terbaru