Jumat, 14 Juni 2024
Selular.ID -

Muak dengan Berita Bohong di Facebook, Atasi dengan Cara ini

BACA JUGA

facebook mobileJakarta, Selular.ID – Harus diakui Facebook hingga saat ini masih menjadi media sosial paling populer di dunia. Dalam perjalannya, seperti diketahui Facebook tidak hanya menjadi sarana menjalin pertemanan, tapi juga menjadi media mencari berbagai informasi. Sayang, entah karena sistem yang kurang selektif, banyak sekali berita hoax (bohong) yang tersebar di Facebook.

Bahkan di Amerika Serikat, Facebook berperan serta jadi tempat menjamurnya berita palsu yang viral untuk sekedar menjelekkan nama calon presiden Donald Trump dan Hillary Clinton menjelang Pemilu awal November lalu. Di Indonesia yang isunya juga tak kalah luas, Facebook juga jadi tempat banyak berita hoax di-share para pengguna.

Kondisi di atas tentu sangat menyebalkan, bahkan bisa berakibat fatal jika ada seorang pengguna yang percaya dengan berita hoax tersebut. Jika takut tertipu atau mungkin sudah mulai “jengah” dengan berbagai berita bohong di Facebook. Berikut ada berbagai cara yang Selular.ID rangkum agar bisa mengonsumsi berita tanpa harus membuka Facebook.

1 Gunakan berbagai aplikasi reader
Jika senang baca berita secara online, aplikasi reader adalah sesuatu yang harus ada di smartphone Anda. Ada sangat banyak pilihan: Feedly atau Inoreader adalah yang paling umum dipakai. Berbagai aplikasi ini, menyediakan berbagai konten sesuai tema yang disukai dan menyediakan tautannya untuk Anda.

Jika suka konten teknologi, aplikasi reader akan mengkurasi berbagai berita teknologi dari berbagai media. Dengan cara ini, Anda bisa mengurangi ketergantungan membaca berita melalui Facebook.

2 Mendengarkan radio atau podcast
Radio tentu jadi alternatif paling tepat agar terhindar berita palsu yang banyak tersebar di Facebook. Selain menggunakan radio konvensional, Anda juga bisa mengaksesnya secara online melalui perangkat smartphone. Ini adalah cara yang cukup praktis untuk mengakses informasi, tinggal cari stasiun radio yang disuka, yang tentu kebanyakan telah memberi link untuk internet streaming siarannya.

Alternatif lainnya bisa menggunakan podcast. Meski belum berkembang pesat di Indonesia, podcast juga seringkali jadi pengganti radio masa kini. Podcast dengan berbagai tema sudah jadi tren di negara seperti Amerika Serikat dan sedikit banyak telah mengganti radio.

3 Cari situs berita yang terpercaya
Berita dari situs yang dipercaya, biasanya memiliki judul yang sederhana dan tidak ribet. Seandainya menemukan berita dari situs dengan nama yang terlalu panjang dan sulit dibaca, terlebih lagi masih menggunakan domain blogspot, hampir bisa dipastikan bahwa berita tersebut tidak punya kredibilitas dan mungkin saja itu hoax yang hanya bertujuan memprovokasi Anda.
Jenis berita menggunakan judul panjang, banyak tersebar di Facebook

Dari pada sibuk men-scroll-scroll Facebook dan menemukan berita yang mungkin tak jelas asal-usulnya, lebih baik mencari sumber berita dengan mudah di Google. Caranya? Mudah. Tinggal ketik tema yang ingin Anda simak informasinya, klik tab ‘news’ (biasanya tepat di sebelah tab image), dan berita dari situs terpercaya akan muncul.

4 Langganan online newsletter
Jika Anda sudah menemukan situs yang Anda suka, berlanggananlah ke situs tersebut dan Anda tak akan pernah lagi terjebak dalam berita hoax. Biasanya, berbagai media online menyediakan kolom ‘subscribe’ yang hanya mengharuskan Anda untuk mengisi email saja.

5 Pindah ke sosial media lain
Twitter bisa jadi sosial media pengganti, jika takut terjebak berita bohong yang ada di Facebook. Pengguna Twitter masih suka membagi berita-berita yang berkualitas, ketimbang yang hoax. Hal ini dikarenakan publik figur dan para jurnalis masih menggunakan Twitter sebagai sosial media ternyaman mereka.

Dengan ini, berita hoax tak akan menyebar dengan mudah. Terlebih lagi, ada fitur ‘mute’ dan ‘block’ yang dengan mudah bisa mengalienasi provokator dari ranah Twitter.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU