Monday, October 14, 2019
Home News Permintaan Diprediksi Tinggi, Alcatel-Lucent Perluas Portfolio Jejaring Optik

Permintaan Diprediksi Tinggi, Alcatel-Lucent Perluas Portfolio Jejaring Optik

-

metro_ethernet_networkJakarta, Selular.ID – Alcatel-Lucent terus berupaya memenuhi pertumbuhan kebutuhan dari para penyelenggara layanan dan perusahaan besar untuk menangani peningkatan permintaan akan lalu lintas data bandwidth tinggi di jaringan-jaringan metro dan data center dengan cara mengembangkan portfolio teknologi jejaring optiknya yang tangkas.

Perluasan portfolio tersebut dilakukan seiring prakiraan sebuah penelitian yang dillaporkan akhir tahun 2013 silam. Para peneliti di Bell Labs memprediksi kebutuhan jaringan metro masa depan akan mengalami pertumbuhan lalu lintas sebesar 560% di tahun 2017. Dalam laporan terbaru mengenai forecast dan pangsa pasar jejaring optik, Infonetics Research (bagian dari IHS, Inc.) memperkirakan bahwa investasi WDM metro akan mencapai $35 miliar selama lima tahun ke depan.

Kenaikan trafik mutlak terjadi ketika para konsumen dan perusahaan menagih janji konten dan aplikasi layanan cloud, jaringan metro mengalami tekanan yang terus meningkat akibat pertumbuhan masif lalu lintas serta perubahan pola lalu lintas. Hal ini mendorong perubahan arsitektural mendasar dalam upaya untuk mengoptimalkan fleksibilitas dan nilai ekonomis jaringan bagi para penyelenggara layanan dan konsumen dan konsumen perusahaan mereka.

Dalan siaran media yang disebar (13/3/2015), perusahaan teknologi di bidang IP asal Perancis, Alcatel-Lucent, baru saja memperluas platform transport optic Photonic Service Switch (PSS) 1830 nya dengan tambahan anggota keluarga baru yang dirancang dalam bentuk kecil, khusus untuk penggelaran di jaringan metro. Unit-unit jejaring optik yang fleksibel ini akan memungkinkan operator dan konsumen perusahaan mengatur skala kapasitas jaringan mereka dengan berbagai campuran layananan di saat terjadi peningkatan lalu lintas.

1830 PSS-4, 1830 PSS-8 and 1830 PSS-16 yang baru, dirancang untuk memenuhi permintaan konsumen berbasis cloud generasi berikut dengan cara memberikan efisiensi, skala dan ketangkasan di seluruh jaringan metro. Platform-platform ini mendukung beragam paduan paket berkinerja tinggi, layanan optik dan photonik. ‘’No Compromise Distributed Switching’’ dan kemampuan untuk mengatur skala secara mulus memungkinkan operator dan perusahaan untuk ‘membayar sesuai pertumbuhan’, dan dengan mudah menambah kapasitas untuk memenuhi permintaan.

Penawaran solusi full metro ini tergolong unik di industri karena sifatnya yang fleksibel, mendukung berbagai layanan dari seluruh aplikasi metro, dan bukan merupakan produk yang telah ‘dipreteli’ yang hanya memberikan transponding kapasitas tinggi untuk interkoneksi data center. Solusi Alcatel-Lucent ini dikembangkan sesuai dengan tujuan dari aplikasi-aplikasi jaringan metro dalam bentuk yang kompak dan konsumsi daya rendah dan bukan merupakan platform WDM core yang diadaptasi yang tidak kompak atau hemat energi.

Keluarga PSS 1830 Alcatel-Lucent menggunakan 400G Photonic Services Engine untuk secara dramatis menggenjot kinerja jaringan-jaringan 100G saat ini dan meletakkan fondasi untuk transport 400G di masa datang. Hingga saat ini Alcatel-Lucent telah mengapalkan lebih dari 250.000 unit 100G ke seluruh dunia.

Latest