Sunday, November 17, 2019
Home News Dukung e-Gov, Alcatel-Lucent Rintis Komunitas Connected Government

Dukung e-Gov, Alcatel-Lucent Rintis Komunitas Connected Government

-

connected-government
Jakarta, Selular.ID – Guna mendukung pemerintah mengimplementasikan e-government di Indonesia, Alcatel-Lucent memprakarsai sebuah komunitas bernama Connected Government. Sebagai langkah awal, penyedia solusi telekomunikasi itu meluncurkan portal http://cgc.al-enterprise.co.id/

Situs yang berfokus pada penyelenggaraan e-government itu memfasilitasi kebutuhan anggota untuk mendapatkan informasi terkini mengenai teknologi terbaru, serta memberikan ruang untuk bertukar pikiran dan berkonsultasi kepada ahlinya.

Lalu siapa saja anggotanya? Mereka terdiri dari pegawai kementerian, badan pemerintahan, pemerintah daerah, serta praktisi dan akademisi sebuah wadah bagi para pelaku dan pelaksana e-government.

Dalam acara peluncuran, Adios Purnama, Country Manager Alcatel-Lucent Enterprise Indonesia, mengatakan bahwa selain berwujud portal, komunitas yang dirintisnya sejak lima bulan lalu ini juga akan menyelenggarakan sharing session dengan topik tertentu setiap kuartal, dengan begitu anggotanya bisa saling bertemu sapa dan saling berinteraksi.

Portal ini memiliki tiga bagian utama yaitu forum, ruang baca dan blog. Forum adalah tempat di mana para anggota dapat berdiskusi mengenai topik-topik tertentu seperti teknologi, peraturan pemerintah, contoh implementasi e-government terbaik dan lainnya. Anggota yang aktif juga dapat melemparkan topik atau pertanyaan tertentu ke dalam forum untuk kemudian dibahas bersama. Latar belakang yang berbeda dari masing-masing anggota akan dapat memberikan pembahasan yang produktif sehingga pelaku mendapatkan masukan yang komprehensif.

Ruang baca adalah tempat para anggota mendapatkan informasi terkini yang dibutuhkan dalam implementasi e-government. Dokumen seperti case study dan update teknologi dapat diunduh untuk kemudian didiskusikan berserta dengan tim dalam proses mendapatan referensi yang bermanfaat. Selain itu juga terdapat video-video yang menampilkan studi kasus dan pemanfaatan teknologi untuk dapat dipraktekkan di instansi dan badan pemerintah.

Sedangkan blog adalah tempat para awak pemerintahan sebagai pelaku e-government dan akademisi untuk mengungkapkan ide dan pemikirannya dalam mengadopsi teknologi yang cocok dan bermanfaat peggunaannya bagi rakyat Indonesia. Sebagai pengisi tetap blog salah satunya adalah Budi Rahardjo, praktisi TI. Ide, pemikiran dan hasil kerjanya yang terbukti telah diterapkan dengan baik memperkaya konten blog sehingga mendorong para pelaku untuk terus secara berkelanjutan memberikan layanan terbaik bagi masyarakat melalui teknologi.

Hadir sebagai moderator di acara peluncuran, Budi Rahardjo, praktisi TI, mengatakan bahwa kebutuhan layanan masyarakat terus berkembang dan sistem informasi juga semakin maju. Dengan adanya komunitas Connected Government, akan bisa mempertemukan para pelaku e-government dengan cara yang unik. Budi berharap akan muncul ide-ide baru yang dapat disesuaikan dengan kondisi Indonesia.

Latest