Beranda News Policy Ketidakpastian Regulasi Jadi Hambatan Berkembangnya Mobile Money

Ketidakpastian Regulasi Jadi Hambatan Berkembangnya Mobile Money

-

Ilustrasi mobile money, foto: memeburn.com
Ilustrasi mobile money, foto: memeburn.com

Jakarta, Selular.ID – Layanan mobile money sebenarnya telah tersedia di Indonesia, namun masih sebatas memiliki rekening untuk membayar tagihan. Banyak tantangan yang dihadapi oleh institusi keuangan yang berencana untuk mengembangkan kemampuan manajemen mobile money seperti pertimbangan keamanan, kesenjangan teknologi dan ekosistem bisnis, serta ketidakpastian regulasi.

Analis Dipen Mehta, Managing Director Accenture Digital, menguraikan bahwa tantangan terbesar dalam implementasi mobile money di Indonesia adalah ketidakpastian regulasi. Padahal, regulasi juga penting dalam menciptakan dan menjaga ekosistem yang memungkinkan pertumbuhan layanan ini. Oleh karena itu, sistem interoperability yang memungkinkan terciptanya ekosistem kolaborasi antara regulator, operator telekomunikasi dan bank merupakan syarat yang wajib dipenuhi agar layanan mobile money dapat memiliki pondasi yang kuat untuk kemudian berkembang, dan bertambah besar.

“Untuk memanfaatkan kesempatan yang ditawarkan mobile money, langkah pertama yang harus diambil adalah menciptakan kerjasama dengan banyak pihak dan mensosialisasikan pentingnya dan mudahnya penggunaan mobile money,” ujar Mehta.

Sementara itu dalam hal keamanan, menurut hasil survei Accenture, 52 persen dari konsumen Indonesia mempercayakan data pribadinya kepada bank, diikuti oleh operator telekomunikasi sebanyak 35 persen. Data ini menunjukkan bahwa kepercayaan pelanggan pada bank dan operator telekomunikasi akan memudahkan implementasi mobile money.

Artikel Terbaru