Monday, May 20, 2019
Home News Ledakan Surya Hari Ini Bisa Mengganggu Komunikasi Satelit

Ledakan Surya Hari Ini Bisa Mengganggu Komunikasi Satelit

-

13 June 2014 15:00
Sebanyak tiga ledakan besar tenaga surya diperkirakan mencapai planet bumi pada hari ini (Jumat, 13/6) dan bisa mengganggu komunikasi satelit serta layanan pelacakan lokasi GPS. Semburan api matahari tersebut pernah mempengaruhi beberapa frekuensi komunikasi ketika radiasi awal menghantam bumi awal pekan ini. Namun, energi utama dari letusan diperkirakan tiba pada hari Jumat dan bisa memiliki efek yang lebih luas.Salah satu dari tiga pancaran itu akan mengeluarkan lontaran massa korona (CME), yakni ledakan besar dari plasma berenergi tinggi yang bisa menghantam magnetosfer yang mengelilingi planet ini dan menyebabkan gelombang kejut yang akan mempengaruhi komunikasi satelit.

“Setelah memproduksi sepasang Radio Blackout R3 (Strong) lusa pagi, Region 2087 aktif juga memproduksi R3 lain kemarin,” ujar National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dalam sebuah pernyataan.

“CME yang terkait dengan aktivitas telah diamati pada lusa pagi. Bergerak di bagian sayap bumi dan mengeluarkan hembusan mengarah ke bumi yang diperkirakan terjadi pada tanggal 13 Juni. Dampak terbesar yang bisa terjadi yang diramalkan adalah badai Geomagnetik G1 (minor).”

Masih belum diketahui apakah plasma akan menabrak bumi, tetapi efeknya diperkirakan akan cukup minim, untuk saat ini.

“Radiasi berbahaya dari semburan tidak bisa melewati atmosfer bumi untuk mempengaruhi manusia secara fisik yang berada di permukaan,” papar NASA. Tapi mereka mengkonfirmasi bahwa mungkin akan mempengaruhi satelit. (Nis)

 

 http://www.youtube.com/watch?v=rRpxs39zn20&feature=player_embedded
Sumber : http://cellular-news.com (12/6/2014)

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest