Sabtu, 2 Agustus 2025
Selular.ID -

Tiga Faktor Penghambat Berkembangnya E-Commerce di Indonesia

BACA JUGA

e-commerceJakarta, Selular.ID – E-commerce di Indonesia tumbuh dan berkembang cukup pesat. Hingga akhir tahun 2015 saja diperkirakan pasar e-commerce ini mencapai angka transaksi sebesar USD 18 Miliar. Meski demikian ada beberapa tantangan yang harus dihadapi oleh para pelaku e-commerce di Indonesia.

Setidaknya ada tiga tantangan menurut Yasunobu, Direktur Rakuten Belanja Online, oleh Rakuten dan para pelaku e-commerce di Negeri ini. Tiga kendala tersebut adalah penetrasi internet, logistik dan metode pembayaran.

Akses internet menjadi tulang punggung bagi e-commerce untuk berkembang. Oleh karena itu penetrasi internet yang belum merata ke semua wilayah Indonesia menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi Rakuten. “Tapi saat ini kualitas internet di Indonesia sudah mulai membaik”, jelasnya.

Di samping itu, luasnya wilayah Indonesia juga membuat faktor logistik menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku e-commerce untuk mendistribusikan produknya. Meski demikian menurut Yasunobu pelanggan Rakuten 70 persen berada di luar Jakarta.

Yang tidak kalah penting dari semuanya adalah metode pembayaran. Di Indonesia, metode pembayaran untuk e-commece belum begitu mapan dimana transaksi saat pengiriman barang (Cash on Delivery = COD) masih menjadi pilihan dominan masyarakat Indonesia. metode seperti ini banyak dipilih oleh mereka yang khawatir terjadinya penipuan (Fraud).

Terkait metode pembayaran ini, di Indonesia sangat jauh berbeda dengan negara maju dimana transaksi menggunakan kartu kredit menjadi pilihan utama pembeli online. Dari 250 juta penduduk Indonesia, pada tahun 2013 saja hanya jumlah kartu kredit yang beredar hanya sekitar 15 juta.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU