Sunday, August 18, 2019
Home News Startup Kurio: Bermula Iseng-iseng Berbuah Venture Builder

Kurio: Bermula Iseng-iseng Berbuah Venture Builder

-

David Wayne, Director of Product & Business Development MPI, (foto: Choi/Selular.ID)
David Wayne, Director of Product & Business Development MPI, (foto: Choi/Selular.ID)

Jakarta, Selular.ID – ‘Proyek iseng-iseng berbuah karya membanggakan,’ begitulah perumpamaan yang tepat bagi startup Merah Putih Incubator (MPI), yang menelurkan aplikasi news aggregator Kurio.

Cukup lama berkutat menginkubasi startup dengan investasi dari co-founder/enterpreneur asing, David Wayne Ika selaku pengelola beragam company di MPI memutuskan untuk membuat aplikasi in-house hasil karya dari developer lokal sendiri. David mengaku strategi ini sengaja karena para engineer yang sudah loyal bekerja di Merah Putih mulai menunjukkan gerak-gerik kejenuhan. “Yang paling susah di technology company adalah menjaga agar engineer kita tidak bosan. Kurio merupakan portfolio pertama kami. Saat mengerjakan prototipe, kami tak bilang bos, manajemen, dan stakeholder,” begitu pengakuan David kepada Selular.ID.

Prototipe Kurio pertama dikerjakan di 2013, lalu baru setahun kemudian serius digeluti. Setelah prototipe setengah jadi, David menyodorkannya ke Venture Capital (VC) terkemuka asal Jepang, Cyber Agent Ventures, dan tanpa diduga mendapatkan hasil positif. “Kita suka banget sama konsepnya. Dalam tiga bulan bisa menyelesaikan first prototype, nanti kita meeting lagi,” ucap David meniru ucapan investor.

Setelah merampungkan prototipe sesuai waktu yang diberikan, Kurio akhirnya sukses menarik invest agar bisa mengembangkan layanannya. Meski tidak menjelaskan secara rinci berapa nilai investasi tersebut, namun Ia hanya menyebutkan hampir mencapai USD1 juta.

Sebagai Co-founder Kurio, David mengaku memang hanya akan menerima investasi dari Cyber Agent saja. “Cyber Agent punya banyak visi bagus di Indonesia. Tidak cuma janji di mulut, Cyber Agent juga buka office dan bahkan para General Manager-nya bawa keluarganya tinggal di sini,” tutur David. Paska mengumumkan pendanaan dari Cyber Agent, mulai ada beberapa VC yang ikut ingin menaruh saham di Kurio. “Ini langkah bagus untuk Kurio dari semula hanya proyek iseng-iseng dan kini menjadi company,” ucapnya bangga. (bda)

Latest