Jumat, 21 Juni 2024
Selular.ID -

Andre Rosiade Sebut Starlink Bisa Buat Telkom Bangkrut

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra, Andre Rosiade, mengaku khawatir nasib Telkom, Telkomsel dan lainnya saat Starlink masuk ke Indonesia.

Andre khawatir dengan masuknya Starlink di Indonesia akan memberi dampak kepada BUMN.

“Jangan sampai Starlink ini masuk tapi merugikan dan menghancurkan Telkom kita,” kata Andre dalam RDP Komisi VI DPR dengan Dirut PT Telkom di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/5/2024).

Namun, Andre enggan menyalahkan pemerintah terkait masuknya bisnis milik Elon Musk itu ke Indonesia.

Dia mengaku paham alasan pemerintah mengizinkan Starlink beroperasi di Indonesia.

TONTON JUGA:

“Saya tidak ingin menyalahkan pemerintah juga Pak, ya karena saya paham mungkin ini strategi pemerintah agar Elon Musk bisa investasi di Indonesia,” ucapnya.

Baca juga: Starlink Ancam Kedaulatan Data, Ini Komentar Wamenkominfo

Andre mengatakan tidak ada aturan soal bisnis Over The Top atau layanan yang perusahaan tawarkan langsung ke pengguna.

Dia mengatakan perusahaan teknologi lain juga sedang membangun model bisnis seperti Starlink sehingga bisa berdampak pada bisnis BUMN.

“Sekarang bukan hanya Starlink yang akan jadi musuh Telkomsel. Tapi ada Huawei, yang sudah membangun satelit seperti Starlink,” kata Andre.

“Nah, orang tak perlu lagi langganan dengan Telkomsel. Beli HP bisa langsung gunakan Starlink atau Huawei. Jadi Telkomsel bisa bangkrut,” katanya.

Andre mengatakan perlu ada upaya yang nyata dari seluruh stakeholder untuk bisa menghadapi kekhawatiran itu.

Dia berharap ada rapat bersama antara Komisi I, Komisi VI, Menkominfo, Menteri BUMN hingga KPPU untuk mencari solusi bersama terkait kehadiran layanan internet baru.

Baca juga: Tak Hanya Jualan Internet, Starlink Kantongi 3 Izin di Indonesia

“Jadi menurut saya supaya kita enggak mubazir supaya efektif dan efisien, pimpinan saya mengusulkan dalam RDP hari ini kesimpulannya mengusulkan agar Komisi VI bersama-sama dengan Komisi I melakukan rapat gabungan agar bisa mengundang Menkominfo, Menteri BUMN, KPPU dan juga pihak Telkom,” ujar Andre.

Andre mengatakan agenda yang akan dibahas dalam rapat gabungan itu antara lain ialah aturan bisnis Over The Top.

Dia mengaku sudah 2,5 tahun terakhir berbicara soal Over The Top, namun belum ada langkah konkret.

“Yang kedua, soal membahas Starlink ini, jangan sampai tadi ketakutan kita, negara dirugikan, Telkom akhirnya bangkrut,” ujar Andre.

“Supaya apa? Supaya masalahnya bisa terurai, masalah yang bisa diselesaikan satu persatu,” sambung Politikus Gerindra asal Sumatera Barat ini.

SIMAK JUGA:

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU