Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Jenis-jenis Penyimpanan Data yang Ada di Data Center

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Simak jenis-jenis penyimpanan data yang ada di data center.

Data center adalah infrastruktur teknologi yang berfungsi sebagai pusat penyimpanan data dalam skala besar.

Biasanya, data center juga digunakan sebagai tempat instalasi komputer server tingkat enterprise yang berisi database untuk website atau aplikasi.

Penyedia layanan web hosting, pengembang aplikasi, dan bisnis besar umumnya juga menyewa ruang di fasilitas data center untuk mengoperasikan server.

TONTON JUGA:
@selular.id

Wow!! #tabletrasalaptop bener gak ya? Huawei MatePad 11 2023 ini diklaim udah kaya laptop banget, penasaran cek videonya👍 #huawei #matepad11 #2023 #tablet #terbaru2023 #infogadget #indonesia #terbaru2023 #fyp #selularid

♬ Vibes – ZHRMusic

Data center biasanya memiliki ratusan hingga ribuan rak berisi komputer server yang nantinya akan dijadikan penyimpanan dan pengelolaan data.

Selain itu, di dalam rak tersebut juga terdapat berbagai perangkat dan kabel jaringan yang diperlukan untuk operasional.

Baca juga: Telkom dan Huawei Jalin Kerja Sama Strategis B2B, Data Center, dan Cloud

Karena menyimpan data penting dalam skala besar, data center juga dibangun dengan keamanan tingkat tinggi, baik dalam segi keamanan fisik bangunan maupun konfigurasi software untuk masing-masing server di dalamnya.

Berikut adalah beberapa jenis data center yang umum ditemui:

Colocation Data Center: Data center ini menyediakan ruang fisik untuk menyimpan server milik berbagai organisasi. Pengguna dapat menyewa ruang dan mengelola server mereka sendiri di fasilitas ini.

Baca juga: Guru Jadi Profesi yang Paling Banyak Gunakan Pinjol

Enterprise Data Center: Jenis ini biasanya dikelola, dibangun, dan ditempatkan di lingkungan perusahaan. Enterprise data center berfungsi sebagai pusat operasi IT untuk organisasi besar.

Cloud Data Center: Data center ini mendukung layanan cloud computing. Penyedia layanan cloud seperti Amazon Web Services (AWS), Microsoft Azure, dan Google Cloud Platform (GCP) memiliki data center yang tersebar di seluruh dunia.

Edge Data Center: Data center ini terletak lebih dekat dengan pengguna akhir atau lokasi di mana data dihasilkan. Mereka memfasilitasi pemrosesan data secara cepat dan efisien.

Micro Data Center: Jenis ini lebih kecil dan lebih fleksibel. Biasanya digunakan untuk keperluan khusus, seperti di lokasi remote atau untuk mendukung Internet of Things (IoT).

Setiap jenis data center memiliki peran dan karakteristik yang berbeda, tergantung pada kebutuhan dan skala penggunaannya.

Baca juga: Sejumlah Faktor Keamanan Saat Memilih Data Center

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU