Rabu, 19 Juni 2024
Selular.ID -

Aplikasi JAKI Diduga Diretas Usai Disebut Anies di Debat Capres

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Setelah disebut calon presiden (capres), Anies Baswedan saat debat, aplikasi JAKI milik Pemprov DKI Jakarta diduga telah diretas.

Hal tersebut tentu membuat geger publik khususnya warga DKI Jakarta yang taku privasi data pengguna menjadi sasaran.

Sebelumnya, Anies mengatakan aplikasi JAKI membantu masyarakat khususnya warga DKI Jakarta dapat semakin mudah mendapatkan pelayanan dari Pemprov.

Aplikasi ini menurut Anies bisa memberikan informasi hingga aduan dari masyarakat terkait masalah yang ada di DKI Jakarta.

Permasalahan apa saja bisa masyarakat adukan seperti pohon tumbang hingga berapa lama waktu untuk menyelesaikan layanan tersebut.

TONTON JUGA:

“Dulu di Jakarta kami buat namanya JAKI. JAKI adalah sebuah super apps yang membuat setiap pelayanannya ada ukurannya,” ujar Anies saat debat capres, Selasa (12/12/2023).

“Lalu publik yang melapor tahu persis. Saya lapor kapan harus selesai? dengan begitu standarisasi akan bisa terjadi,” sambungnya.

Baca juga: Mengejutkan, Ini Capres Pemenang Debat Perdana Versi Netizen

Namun setelah disebut Anies saat debat, aplikasi JAKI diduga telah diretas oleh seseorang.

Usai diretas, sang peretas juga memberikan notifikasi kepada para pengguna aplikasi.

“HALO WARGA JAKARTA SELAMAT MALAM!!! ..BARUSAN JAKI DI MENTION DI DEBAT PILPRES NIH, WAH SORRY TO SAY, BUT APLIKASI INI TAMPAKNYA TIDAK TERLALU DIURUS KENYATAANNYA. DARI SEGI TEKNOLOGI, KEAMANAN IT-NYA YANG ASAL-ASALAN DIURUS, DAN SUB-SUB FUNGSI APLIKASI YANG SEPERTI DIBUAT KURANG MAKSIMAL DAN TERLIHAT HANYA SEPERTI TEMPLATE AGAR TERLIHAT MENDONGKRAK KREDIBILITAS DI SEKTOR INFRASTRUKTUR IT DAN DIGITALISASI MERATA DI JAKARTA, MUNGKIN BANYAK PIHAK YANG AKAN TIDAK SUKA DENGAN AKSI SAYA SAAT INI, BUT TO BE HONEST, HAMPIR SELURUH JAKARTA MENGGUNAKAN APLIKASI INI DENGAN SEMUA IZIN YANG DI ALLOW DI PERANGKATNYA DAN I ADMIT IT,” demikian bunyi kalimat saat aplikasi JAKI diduga diretas.

“APLIKASI INI KEREN. TAPI BELUM CUKUP LAYAK UNTUK DISEBUT TEROBOSAN TEKNOLOGI JIKA ADA CACAT DI SISI KEAMANAN DATANYA YANG MENGANCAM PRIVASI SELURUH PENGGUNANYA. BAYANGKAN ADA BERAPA DATA YANG BERLALU LALANG SETIAP HARINYA DAN APABILA SELURUH DATA PERSONAL WARGA JAKARTA INI TERANCAM OLEH ULAH ORANG YANG TIDAK BERTANGGUNG JAWAB, DISINI SAYA HANYA MENGINGATKAN DAN MENCOBA MEMBERI AWARENESS LEBIH JAUH TENTANG BAGAIMANA SEHARUSNYA ‘ANDA/,” sambung kalimat itu.

Gangguan Teknis

Baca juga: Guru Jadi Profesi yang Paling Banyak Gunakan Pinjol

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU