Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Selular Business Forum Hadir Bertemakan Polemik Layanan Telepon dan Internet Satelit

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Selular Media Network kembali menggelar Selular Business Forum (SBF) terkait isu terkini teknologi informasi khususnya di bidang telekomunikasi. SBF yang berlangsung di Jakarta, Senin, 27 November 2023 ini, mengangkat tema “Polemik Layanan Telepon dan Internet Satelit, Siapa Untung Siapa Buntung?”.

Operator seluler dan pengusaha penyedia layanan internet di Indonesia menghadapi tantangan yang tidak ringan saat ini. Di tengah melambatnya pertumbuhan industri selular maupun jasa internet, mereka justru mendapatkan beban regulatory charge yang besar.

TONTON JUGA:

“Di sisi lain, mereka juga memiliki beban investasi yang mahal. Ketika investasi mahal, justru pelaku industri dipaksa menyediakan tarif internet yang murah, ujar CEO Selular Media Network, Uday Rayana terkait penyelenggaraan Selular Business Forum tanggal 27 November 2023 ini.

Baca juga: Kominfo Bantah Beri Karpet Merah Untuk Starlink Masuk ke Indonesia

Masalah tidak sampai di situ, pasalnya operator seluler dan para pengusaha jasa internet bakal dihadapkan pada kemungkinan masuknya operator berbasis satelit, Starlink. Perusahaan milik milik taipan Elon Musk itu, menargetkan peluncuran layanan telepon satelit komersial pada 2024.

Starlink bakal masuk dimulai dengan SMS sebelum menambahkan layanan suara dan data, serta konektivitas IoT pada 2025. Kehadiran Starlink yang dinilai sarat dengan privilege, tentu membuat industri selular semakin tidak sehat.

Meski demikian, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membantah memberikan privilege atau karpet merah kepada Starlink untuk masuk di Indonesia. Kominfo menyebut banyak daerah di Indonesia yang masih blank spot dan dengan hadirnya Starlink dapat menjadi jawaban bagi mereka.

Baca juga: Revisi UU ITE Bisa Pidanakan Perusahaan Pinjol hingga Debt Collector

Hal tersebut yang membuat Selular Media Network menyelenggarakan Selular Business Forum (SBF) tanggal 27 November 2023 dengan tema “Polemik Layanan Telepon dan Internet Satelit, Siapa Untung Siapa Buntung?”. Sejumlah narasumber yang hadir pada diskusi kali ini adalah sebagai berikut:

  1. Aju Widya Sari, Direktur Telekomunikasi Dirjen PPI Kementrian Kominfo.
  2. Marwan O. Basir, Sekjen ATSI (Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia)
  3. Muhamad Arif, Ketua APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia
  4. Agung Harsoyo, Pengamat Telekomunikasi/Pengajar ITB/Mantan Komisioner BRTI

“Dengan adanya diskusi ini, kami harapkan ada kejelasan terkait regulasi yang jelas dengan masuknya Starlink dan juga pemerintah diharapkan dapat semakin memperhatikan nasib pelaku industri di tanah air,” tandas Uday.

Baca juga: Guru Jadi Profesi yang Paling Banyak Gunakan Pinjol

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU