Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

APJATEL: Dibutuhkan Solusi Pemerataan Jaringan, Agar Tercapai koneksi Internet Cepat

BACA JUGA

SELULAR.ID – Kecepatan internet di Indonesia hanya 24,21 Mbps. Pada laporan Speedtest Global Index terbaru yang diterbitkan Ookla pada Juli 2023, Indonesia menduduki peringkat ke-96 dari 143 negara di dunia pada kategori internet mobile.

Kecepatan internet Indonesia cukup memprihatinkan, tidak hanya di dunia tetapi juga di kawasan Asia Tenggara.

Bahkan, Indonesia nyaris menempati posisi terendah negara dengan kecepatan internet terendah se-ASEAN.

Jika dibandingkan dengan laporan sebelumnya, peringkat kecepatan internet di Indonesia sebetulnya sudah mengalami sedikit peningkatan.

Hal itu membuatnya mampu mengalahkan Myanmar dan Kamboja yang masing-masing ada di peringkat 100 dan 98 jika dibandingkan dengan negara di ASEAN.

Baja Juga:Apjatel: Yang Dibutuhkan Dalam Mewujudkan Transformasi Digital

Sehigga dalam RAKERNAS APJATEL 2023 yang digelar baru-baru ini Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (APJATEL) yang diwakilkan Jerry Siregar, Ketua Umum APJATEL mengatakan, dengan kebutuhan internet cepat di era digital diharapkan solusi untuk mempercepat pemerataan perluasan jaringan, demi tercapainya koneksi Internet yang handal.

Hal itu menurutnya, sebagai fondasi dari tercapainya kedaulatan transformasi digital bagi persatuan Indonesia.

“Untuk itu memerlukan adanya peran serta dari seluruh lapisan masyarakat, berbagai kementerian, lembaga terkait dan juga pemerintah pusat,”ujar Jerry.

Untuk mewujudkan kedaulatan transformasi digital bagi persatuan Indonesia, salah satunya dengan penyusunan regulasi yang komprehensif dan bersifat nasional.

“Untuk bisa mencapai hasil yang diharapkan, harus fokus pada pembangunan infrastruktur digital yang merata hingga ke pelosok tanah air, ujar Jerry.

Menuurtnya, melalui keterlibatan APJATEL, Jerry menyakini rencana pembangunan infrastruktur digital dapat terlaksana dengan baik dan dapat mendukung ekonomi digital di Indonesia.

Ditambahkan Jerry, APJATEL dapat menghadirkan solusi untuk mempercepat pemerataan perluasan jaringan, demi tercapainya koneksi Internet yang handal, sebagai fondasi dari tercapainya kedaulatan transformasi digital bagi persatuan Indonesia.

Sementara mengenai RAKERNAS APJETEL, lebih spesifik, Rakernas APJATEL tahun ini juga mencakup pembahasan dan diskusi terkait percepatan perluasan infrastruktur digital untuk menjangkau lebih banyak masyarakat di berbagai wilayah tanah air.

Sesuai arahan presiden terkait percepatan perluasan akses, peningkatan infrastruktur digital dan penyediaan layanan Internet, diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk menciptakan konten dan aplikasi digital, yang akan mendorong tumbuhnya ekonomi digital di Indonesia.

Saat ini Apjatel juga sedang menyusun buku putih (white paper) bertajuk “Infrastruktur Digital Indonesia melalui inisiatif Giga City Menuju Visi Digital 2045” yang akan diluncurkan dalam waktu dekat.

Baca Juga:Kominfo Jelaskan Pentingnya Satelit Internet Hadir di Indonesia

White Paper ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pemangku kepentingan,
baik pemerintah maupun pelaku usaha di Indonesia.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU