Jumat, 24 Mei 2024

Inilah Tanda Yang Mengharuskan Anda Istirahat Media Sosial

BACA JUGA

Selular.ID – Dalam dua dekade terakhir, media sosial tidak hanya mengubah cara kita menggunakan internet, tetapi juga mengubah cara kita berinteraksi satu sama lain secara pribadi, istirahat dari dunia itu juga perlu.

Tapi, terlalu banyak hal baik dapat menyebabkan konsekuensi negatif. Berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda mungkin perlu memutuskan hubungan dari media sosial.

Menggunakan apa pun secara berlebihan menunjukkan bahwa Anda mungkin terlalu bergantung pada apa pun itu. Ini terutama benar dengan media sosial.

Terpaku pada layar Anda sepanjang hari berarti Anda mungkin melewatkan aktivitas kehidupan nyata yang dapat memberi Anda lebih banyak kepuasan daripada scrolling feed berita, komentar, dan gambar lucu tanpa harus berpikir.

Dan kemudian ada kerusakan fisik yang mungkin terjadi pada mata Anda karena menatap ponsel Anda tanpa henti.

Saat like, komentar, dan pengikut menjadi sumber validasi pribadi Anda, ini dapat menyebabkan masalah harga diri saat Anda tidak menerima jumlah interaksi yang sesuai.

Jika Anda terobsesi dengan berapa banyak interaksi yang didapat dari postingan Anda, Anda mungkin perlu istirahat dari media sosial.

seringkali kita tidak tahu bahwa kita sedang dimanipulasi oleh algoritme dan perusahaan media untuk membuat kita marah dan berinteraksi dengan konten mereka secara online.

Jika Anda terus-menerus marah tentang peristiwa dunia atau pendapat teman dan keluarga tentang topik sensitif, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk berhenti menggunakan media sosial.

Menjalin pertemanan baru di internet adalah salah satu hal terbaik untuk keluar dari media sosial.

Namun, penggunaan layanan yang berlebihan dapat berarti bahwa Anda mengabaikan hubungan kehidupan nyata, yang menyebabkan persahabatan memudar, pasangan yang diabaikan, atau bahkan anak-anak yang terasing.

Lalu ada istilah juga dengan nama Doomscrolling, ini adalah tindakan membaca berita negatif dan posting media sosial selama berjam-jam.

Istilah tersebut populer di masa pandemi Covid-19 untuk merujuk pada berapa banyak orang yang mengonsumsi berita tentang wabah virus mematikan itu.

Doomscrolling dapat menyebabkan banyak hasil negatif, seperti kecemasan, ketidakberdayaan, dan keputusasaan.

Selain itu, cahaya dari ponsel cerdas Anda di tempat tidur dapat berdampak buruk pada kualitas tidur Anda.

Jadi, pandai-pandailah dalam menggunakan media sosial, jangan selalu terpaku dalam bermain gadget, jadi mengabaikan lingkungan sekitar.

Baca juga : Diteror Debt Collector Sampai Media Sosial, Waspada Galbay Pinjol Semi Legal Lebih Berbahaya

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU