Jumat, 14 Juni 2024
Selular.ID -

iPhone Bakal Menggunakan USB-C, Kemampuannya Terbatas?

BACA JUGA

Selular.ID – Aturan baru yang diterapkan Uni Eropa disebut bakal mewajibkan perangkat seluler menggunakan port yang seragam, yakni USB-C. Aturan baru ini tentunya memengaruhi iPhone keluaran terbaru.

iPhone yang saat ini masih mengandalkan port lightning tentunya mengikuti peraturan tersebut.

Namun, laporan menyebut ada beberapa penyesuaian yang akan dilakukan Apple. Apple dikabarkan akan menggunakan chip terintegrasi untuk mengelola pembagian informasi antar perangkat.

Dengan chip ini, iPhone bisa memastikan komponen yang terhubung merupakan asli buatan Apple atau setidaknya berasal dari rekanan yang sudah tersertifikasi.

Salah satu contoh pemanfaatan teknologi ini adalah ketika pengguna perangkat Apple menggunakan kabel pengisi daya pihak ketiga yang tidak tersertifikasi, ada notifikasi yang berbunyi,”This accessory is not supported”.

Desas-desus menyatakan bahwa Apple telah mengembangkan varian USB-C sendiri untuk jajaran iPhone 15 tahun ini.

Baca Juga:Belom Rilis, Tapi Spesifikasi iPhone 15 Terungkap

Rumor terbaru tampaknya menunjukkan bahwa Apple telah mengembangkan IC kustom serupa untuk port USB-C pada iPhone 15 dan iPhone 15 Pro, dan mungkin kabel pengisi dayanya.

Selain jajaran iPhone 15, IC baru ini tampaknya ditujukan untuk periferal bersertifikasi MFi baru.

Perlu dicatat bahwa antarmuka USB-C yang saat ini digunakan oleh Apple di iPad generasi ke-10 , iPad mini, iPad Air, dan iPad Pro, tidak mengandung chip IC untuk otentikasi, artinya inimenjadi yang pertama untuk port jenis ini ditawarkan oleh perusahaan.

Tidak jelas apakah penambahan ini dapat berdampak besar pada fungsionalitas perangkat baru, tetapi ada kemungkinan Apple dapat membatasi fitur seperti pengisian cepat dan transfer data berkecepatan tinggi ke Apple dan kabel bersertifikasi MFi.

Menurut analis Apple Ming-Chi Kuo, port USB-C pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan tetap terbatas pada kecepatan USB 2.0 sama seperti Lightning.

Hanya model iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang tampaknya akan mendapatkan kecepatan transfer lebih cepat.

Akibatnya, satu-satunya perbedaan utama antara Lightning dan USB-C pada model iPhone 15 standar hanyalah bentuk fisik konektornya.

Laporan tersebut sangat dapat dipercaya karena secara efektif akan mencerminkan perpecahan antara iPad level awal dan iPad Pro.

Baca Juga:Ikut Jejak Eropa, India Wajibkan Smartphone Pakai USB-C

Meskipun kedua model iPad menampilkan port USB-C, iPad generasi ke-10 terbatas pada kecepatan USB 2.0 hingga 480 Mbps, sedangkan iPad Pro menawarkan kecepatan Thunderbolt yang lengkap hingga 40 Gbps.

 

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU