Ikut Jejak Eropa, India Wajibkan Smartphone Pakai USB-C

USB Type-C India

Selular.ID – India terinspirasi dari Uni Eropa dan akan mewajibkan semua smartphone untuk dilengkapi dengan USB Type-C pada Maret 2025.

Keputusan tersebut sejalan dengan persyaratan Uni Eropa (UE) baru-baru ini, tetapi dengan durasi waktu lebih leluasa bagi produsen untuk mematuhi.

Seperti yang sudah diketahui, Uni Eropa mengadopsi undang-undang baru yang memberlakukan “pengisi daya umum untuk smartphone”, yakni port USB Type-C.

Undang-undang ini meminta agar semua produsen mematuhi persyaratan baru dan membuat perubahan yang diperlukan pada tahun 2024.

Baca Juga: Eropa Resmi Wajibkan Adopsi USB Type-C Mulai 28 Desember 2024

Sebaliknya, meskipun pemerintah India mengikuti petunjuk Uni Eropa dalam hal ini, ia sedikit lebih fleksibel dengan tenggat waktu dan meminta perusahaan untuk menjadikan USB Type-C sebagai port pengisian daya default untuk semua perangkat yang dijual di negara tersebut pada tahun 2025.

Selain itu, menurut 91mobiles, pengecualian akan diberikan untuk perangkat seperti ponsel basic, wearable device, dan hearable deavice, agar harganya tetap terjangkau.

Seorang pejabat pemerintah dikutip mengatakan:

Untuk ponsel dan elektronik, port USB Type-C telah diwajibkan, para pemain industri juga ikut serta, tetapi untuk ponsel fitur, wearable device dan hearable device, pemangku kepentingan mengatakan biaya akan menjadi mahal.

Apa yang akan dilakukan Apple?

Sekarang, apa yang akan dilakukan Apple untuk mematuhi peraturan baru di iPhone tersebut.

Awal tahun lalu, VP Worldwide Marketing Apple Greg Joswiak menyatakan di acara Wall Street Journal bahwa perusahaan harus mematuhi arahan pengisi daya standar baru UE, tetapi gagal menentukan apakah ini hanya akan berlaku untuk iPhone yang dijual di UE atau semua iPhone pada umumnya.

Sekarang India telah mengadopsi posisi yang sama dengan Eropa, akan menarik untuk melihat bagaimana tanggapan Apple.

Pada tingkat ini, dan jika negara lain terus mengikuti jejak Eropa, masuk akal bagi Apple untuk akhirnya menggunakan USB-C tanpa terkecuali.