Akhirnya Youtube Shorts Bisa Dijadikan Cuan Di Awal 2023

YouTube Shorts Cuan Mulai 1 Febuari
YouTube Shorts Cuan Mulai 1 Febuari

Selular.ID – Akhinya Youtube shorts bisa dijadikan cuan di awal tahun 2023, kamu sebagai konten kreator pasti senang mendengar ini.

Pertengahan 2021 platform video dan musik YouTube memperkenalkan fitur baru yang bernama YouTube Shorts. Didalam fitur tersebut semua pengguna bisa mengunggah video pendek yang ingin di sebarluaskan ke semua orang seperti halnya menggunakan media sosial, namun belum bisa dijadikan cuan.

Country Head YouTube Indonesia Suwandi Widjaja mengatakann “mulai tahun depan, para kreator mempunyai peluang untuk monetisasi Youtube Shorts. Jadi kreator Youtube Shorts akan bisa menghasilkan uang di dalam platform Youtube mulai tahun depan,” dalam acara konferensi pers Selasa, (1/11/2022).

YouTube Shorts merupakan platform video berdurasi 60 detik atau kurang. YouTube menghadirkan platform tersebut pada pertengahan tahun lalu sebagai pesaing aplikasi lain yakni TikTok maupun Reels.

Baca juga: Hanya Pelanggan Youtube Premium Dapat Menonton Video 4K

Country Head YouTube Indonesia Suwandi Widjaja menambahkan bahwa berdasarkan data global internalnya, pengguna YouTube Shorts tercatat ada 35 miliar views per harinya. Jika dibandingkan dengan waktu pertama diluncurkan, ada kenaikan empat kali lipat.

Hal ini merupakan awal yang bagus untuk menghargai kerja keras konten kreator dan membantu lebih banyak kreator terutama didaerah kecil untuk bisa berkarya dan banyak memberikan konten positif kepada semua orang bahkan bisa menghasilkan uang untuk kebutuhan mereka.

Suwandi widjaja menyebutkan, pihaknya nanti akan memberikan AdSense pada para kreator yang mengakses dan membuat konten YouTube Shorts yang diklaim lebih mudah lantaran bisa menggunakan smartphone.

Baca juga: Manfaat Berlangganan YouTube Premium Dengan Harga Murah

Adanya YouTube Shorts dapat membantu channel YouTube untuk meningkatkan jumlah subscriber. Data terbaru YouTube mengatakan, channel yang mengupload video berdurasi singkat dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton dan pertumbuhan subscriber secara keseluruhan, dibandingkan dengan channel yang hanya mengupload video berdurasi panjang.

Mengenai detail monetisasi YouTube Shorts, Suwandi mengatakan pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari kantor pusat.