Fitur Privasi Baru di Play Store Mudahkan Pengguna Kelola Data Pribadi

Play Store

Selular.ID – Perusahaan teknologi saat ini sedang gencar menjaga data pengguna lebih baik, salah satunya seperti fitur baru di play store yang bisa Kelola data pribadi lebih baik.

Hal ini juga memberikan fleksibiltas bagi pengguna untuk memiliki kontrol lebih besar atas data pribadinya di Android.

Fitur yang diperkenalkan Google pada bagian baru di Play Store yang disebut ” Data safety”.

Mengharuskan pengembang aplikasi untuk menuliskan detail tambahan tentang bagaimana aplikasi mereka mengumpulkan, membagikan, dan mengamankan informasi pengguna.

Baca Juga: Google Simpan Satu Juta Lebih Aplikasi Berbahaya di Play Store

Dengan cara ini, pengguna akan mengetahui data apa yang akan dikumpulkan aplikasi bahkan sebelum mengunduhnya, maka pengguna dapat menentukan apakah mereka merasa nyaman saat menginstalnya.

Seperti yang dinyatakan Google pada playstore, Keamanan data memungkinkan “pengembang untuk menandai dengan jelas data apa yang dikumpulkan dan untuk tujuan apa data itu digunakan.”

Pengguna bahkan dapat melihat apakah suatu aplikasi memerlukan informasinya agar berfungsi dengan benar atau apakah pengumpulan data bersifat opsional.

maka, jika pengembang memperbarui fungsionalitas aplikasi mereka atau mengubah cara mereka mengumpulkan data, mereka harus menyajikan perubahan di bagian Keamanan data aplikasi.

Baca Juga: Sony Hadirkan Fitur Baru Pada Kualitas Visual Playstation 5

Nantinya hal yang harus diberikan Pengembang ke Pengguna diantaranya:

Apakah dan untuk alasan apa pengembang mengumpulkan data.

  • Apakah pembuat aplikasi membagikan informasi pribadi Anda dengan pihak lain.
  • Kebijakan keamanan aplikasi, seperti apakah data dienkripsi dengan baik jika disadap dan apakah pengguna dapat meminta agar informasi mereka dihapus sepenuhnya.
  • Apakah aplikasi mengikuti Kebijakan Keluarga Google Play atau tidak untuk melindungi anak-anak di Play Store.
  • Apakah praktik keamanan pengembang sejalan dengan standar keamanan global atau tidak.

Upaya tersebut adalah bentuk peduli terhadap keamanan data privasi dengan meluncurkan bagian keamanan Data baru di Play Store.

Tapi sejauh pantauan Selular.id, belum menemukan fitur ini, yang seharusnya segera menerimanya. Tapi berdasarkan leporan dari PhoneArena bahwa pengembang sudah diharuskan melakukan pengisian data tersebut.

Dengan tenggat waktu hingga 20 juli, jadi untuk efektifitas fitur tersebut mungkin akan berjalan setelahnya.