Sony Hadirkan Fitur Baru Pada Kualitas Visual Playstation 5

Harga PlayStation 5 (PS 5) Indonesia

Selular.ID – Sony telah mengumumkan, bahwa mereka membawa fitur baru pada kualitas visual, yaitu punya pembaruan variabel pada konsol Playstation 5.

Fitur ini akan diluncurkan melalui pembaruan perangkat lunak, yang akan tersedia secara global minggu ini

Sebelumnya, Sony pertama kali mengumumkan fitur itu akan kembali pada November 2020.

VRR di PlayStation 5 dapat diaktifkan melalui opsi di pengaturan Layar dan Video. Ini dapat diterapkan hanya untuk game yang didukung atau dipaksa untuk bekerja di semua game melalui opsi tambahan.

Opsi terakhir fitur baru Playstation 5 ini dapat menyebabkan beberapa efek visual yang tidak terduga dan mungkin tidak selalu berfungsi dalam semua kasus.

Baca Juga: Langganan PlayStation Plus Terbaru di Indonesia, Berikut Tarifnya!

Perusahaan juga telah  mengumumkan daftar judul yang akan mendapatkan dukungan VRR asli dalam beberapa minggu mendatang.

Ini termasuk Astro’s Playroom, Call of Duty: Vanguard, Call of Duty: Black Ops Cold War, Destiny 2, Devil May Cry 5 Edisi Khusus, DIRT 5, Godfall, Marvel’s Spider-Man Remastered, Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, Ratchet & Clank: Rift Apart, Resident Evil Village, Tiny Tina’s Wonderlands, Rainbow Six Siege Tom Clancy, dan Tribes of Midgard.

Nantninya akan, lebih banyak game akan mendapatkan dukungan asli untuk VRR melalui pembaruan game.

Fitur ini kemungkinan juga akan disertakan saat peluncuran untuk game yang akan datang.

Sayangnya, ada masalah dengan pengumuman ini, dan itu adalah fitur yang hanya kompatibel dengan televisi dan monitor yang mendukung HDMI 2.1.

Baca Juga: Benefit Baru Dari Playstation Plus Rilis Juni 2022 Dengan Hadirkan Ratusan Game

Sementara dukungan VRR secara resmi ditambahkan ke spesifikasi HDMI dengan versi 2.1, produsen televisi dan monitor telah mengaktifkan fitur tersebut bahkan pada model HDMI 2.0.

Ini adalah keputusan yang agak aneh dari Sony karena konsol Xbox Series X/S dan bahkan konsol Xbox One X/S telah mendukung VRR bahkan pada layar HDMI 2.0.

Rencana Sony akan mengakibatkan segelintir pengguna dengan layar HDMI 2.1 yang dapat menggunakan fitur ini, dan sebagian besar pengguna meninggalkan konsol tersebut.

Kecepatan refresh variabel memberi sinyal tampilan yang kompatibel untuk hanya memperbarui ketika konsol atau GPU mengeluarkan bingkai baru.

Ini memastikan kecepatan refresh tampilan sinkron sempurna dengan output tampilan, yang menghilangkan contoh robekan layar tanpa harus mengaktifkan vsync, dan juga mengurangi masalah dengan inkonsistensi waktu bingkai saat konsol tidak dapat mengikuti kecepatan refresh tetap tampilan.