Facebook Buang Podcast Demi Metaverse

Facebook

Selular.ID – Mulai 3 Juni, Facebook akan berhenti menawarkan dukungan untuk podcast di platformnya.

Pekan ini, pengguna tidak lagi bisa mengunggah konten baru, sementara Soundbites dan hub audio pusat akan dihentikan sepenuhnya segera setelahnya.

Keputusan ini terungkap melalui catatan yang dibagikan Facebook dengan mitranya.

Dokumen yang sama juga menyatakan Facebook tidak berniat secara resmi memperingatkan pengguna tentang langkah ini, menyerahkannya kepada pembuat konten untuk melakukannya sebagai gantinya.

Baca Juga: Kini Bisa Menikmati Lagu dan Podcast Spotify Langsung di Facebook

Selanjutnya, juru bicara Meta mengkonfirmasi semua informasi ini sebelum Bloomberg dan menegaskan kembali rencana jangka panjang perusahaan untuk “fokus pada pengalaman yang paling berarti”.

Untuk saat ini, ini tampaknya menjadi Reels (jawaban Meta untuk kesuksesan TikTok) dan metaverse yang masih agak samar.

Hampir satu tahun yang lalu, Facebook membuat langkah untuk memasuki pasar podcast melalui sejumlah besar layanan audio baru. Tampaknya ambisi ini berumur pendek.

Setelah penerimaan awal yang ‘sepi’ dari layanan baru dan stagnasi berikutnya, Facebook memutuskan untuk menyerah pada podcast sepenuhnya.

Baca Juga: Konsumsi Podcast di Spotify Naik 20 Persen

Alasan yang benar adalah Facebook tidak bisa bersaing dengan tim seperti Spotify dan Apple Podcast tanpa bekerja lebih keras.

Kedua layanan tersebut telah melakukan upaya nyata selama bertahun-tahun untuk memperkuat posisi mereka di pasar.

Misalnya, mereka telah menerapkan fitur baru, menciptakan cara baru untuk menjelajahi podcast dan mendorong pembuat konten untuk menghasilkan konten eksklusif untuk platform mereka masing-masing.

Baca Juga: Saingi Apple, Spotify Akan Umumkan Layanan Podcast Berbayar

Sangat kontras dengan ini, Facebook malah memutuskan untuk hanya mengandalkan brand mereka yang sudah mapan, tetapi pada akhirnya itu tidak cukup.

Dengan menghilangnya Facebook, Apple dan Spotify akan berkuasa dan pasti akan mengkonsolidasikan posisi dominan mereka di pasar podcast, kali ini untuk selamanya.