Bocoran Snapdragon 7 Gen 1 Siap Masuk Pasar Chipset Premium

Snapdragon7 Gen 1
Ilustrasi chipset Qualcomm

Selular.ID – Qualcomm akhirnya tampaknya akan membawa chipset sub-premium ke pasar. Akam memiliki nama, Snapdragon 7 Gen 1, dan kebocoran baru kini telah memberikan beberapa detail penting.

Seperti yang diungkap oleh Tipster terpercaya Digital Chat Station, bahwa chipset tersebut bertenaga octa-core dengan empat core Cortex-A710, dan empat core Cortex-A510.

Itu berarti akan mengadopsi arsitektur V9 ARM seperti yang terlihat pada chipset seperti Snapdragon 8 Gen 1, MediaTek Dimensity 9000, dan Exynos 2200, Bedanya hanya tanpa inti super Cortex-X2.

Di bagian GPU, Snapdragon 7 Gen1 menggunakan Adreno 662. Berarti akan menjadi penerus langsung Adreno 660 pada Snapdragon 888.

Baca Juga: Qualcomm Siap Hadirkan Snapdragon 8 Gen 1+ Awal Mei, Bawa Sejumlah Peningkatan

Semenjak hadirnya seri Snapdragon terbaru (8 Gen 1), skema penamaan Qualcomm tidak mudah untuk diucapkan.

Melihat spesifikasi yang dibawa, saingan terdekat Snapdragon 7 Gen 1 tampaknya adalah MediaTek Dimensity 8100.

Sebelumnya hadir secara mengejutkan lebih baik dari kinerja dan efisiensi Snapdragon 888.

Dimensity 8100 terlihat kurang menguntungkan karena menggunakan arsitektur lama dalam bentuk inti Cortex-A78 dan Cortex-A55.

Baca Juga: Redmi Note 12 Bakal Menggunakan Snapdragon 7 Gen 1

Namun, yang terbaru belum tentu menjadi yang terbaik, terutama karena core Cortex-A710 ARM saat ini telah menunjukkan efisiensi yang sedikit lebih buruk daripada core Cortex-A78 yang lebih lama.

Lalu untuk perangkat yang dikabarkan akan menggunakan chipset Snapdragon 7 Gen 1 ialah Redmi Note 12 series.

Chipset sub premium ini bisa menjadi pilihan vendor smartphone, karena saat ini belum diketahui apakah Snapdragon 8 Gen 1 akan dibangun oleh TSMC atau Samsung.

Mempertimbangkan kekacauan di sekitar Snapdragon 8 Gen 1, itu bisa menjadi faktor utama dalam menentukan seberapa sukses chipset baru itu.

Baca Juga: Poco F4 Terdaftar di Geekbench, Hadir Dengan Snapdragon 870