Qualcomm Siap Hadirkan Snapdragon 8 Gen 1+ Awal Mei, Bawa Sejumlah Peningkatan

Snapdragon 8 Gen1

Selular.ID – Versi yang disempurnakan dari chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dengan tambahan simbol “+” di akhir Namanya.

Sebuah tweet dari Leaker Yogesh Brar, menyatakan bahwa Qualcomm akan hadirkan Snapdragon 8 Gen 1+ juga akan dikenal sebagai SM8475 akan diperkenalkan pada bulan Mei.

Ia juga menjelaskan nantinya Qualcomm tidak hanya merilis snapdragon 8 Gen 1+, juga akan merilis chipset untuk segmen mid-range.

TSMC diharapkan mampu dalam  mengambil alih pembuatan chip unggulan milik Qualcomm, dengan pengolahan khusus dan memberikan hasil yang lebih tinggi dari Samsung.

Baca Juga: Kolaborasi Qualcomm-ESL Gaming Berpotensi Merevolusi Industri Esports Mobile

Qualcomm meninggalkan Samsung ke TSMC karena ada hubungannya dengan hasil buruk Samsung yang dikatakan hanya 35%.

Artinya, 35% chip yang dipotong untuk ketahap akhir oleh Samsung pada node process yang disebutkan di atas tidak lulus pengujian QC.

Itu jumlah chip yang cukup besar yang gagal melakukan pemotongan akhir sehingga Qualcomm kekurangan komponen yang dibutuhkannya dan memperburuk kekurangan chip saat ini.

Wafer manufaktur 300mm atau 12-inci yang akan dipotong dadu untuk menghasilkan chip silikon individual.

Manfaktur 300mm

Baca Juga: Mengenal Modem Snapdragon X70 5G dari Qualcomm Untuk Smartphone Masa Depan

Dengan Snapdragon 8 Gen 1+ yang diharapkan akan diperkenalkan pada bulan Mei, nantinya pada bulan juni akan ditanamkan pada smartphone yang dibuat oleh perusahaan seperti OnePlus, Motorola Lenovo, dan Xiaomi.

Kemungkinan peningkatan dari chipset baru segmen premium dibandingkan dengan varian “non-plus”. Seperti halnya pertimbangan chipset antara Snapdragon 888 dengan Snapdragon 888+.

Maka diharapkan dengan snapdragon8 gen 1 “+” lebih memungkinkan pengalaman premium yang layak didapatkan konsumen pada smartphone mereka.

Qualcomm benar-benar merasakan panasnya persaingan dengan MediaTek dan SoC Dimensity 9000-nya.

MediaTek sudah menjadi pelanggan TSMC, terhitung cukup sukses membawa chipsetnya untuk digunakan di berbagai smartphone premium seperti Oppo Find X dan Redmi K50 Gaming.

Baca Juga: 9 HP Gaming Murah Bulan Maret 2022, Rp2 Jutaan Dapat RAM 6 GB dan Snapdragon 732G